Event

Festival Budaya Pasar Terapung Festival Budaya Pasar Terapung Pestival Budaya Pasar Terapung adalah Festival multi event yang digelar 1 tahun sekali...

Wisata

Masjid Sultan Suriansyah Masjid Sultan Suriansyah Sejarah Kota Banjarmasin tidak akan bisa dipisahkan dari Sultan Suriansyah, pendiri...

Sekilas Info

Aktifkan E-KTP di Kecamatan Aktifkan E-KTP di Kecamatan Warga Banjarmasin yang sudah menerima KTP elektronik, diminta segera m...
Saring
  • SOSIALISASI TENTANG PENILAIAN KOMPETENSI PNS

    GUNA MEMBERIKAN PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN TERKAIT PERATURAN TENTANG PENILAIAN KOMPETENSI PNS BAGI PEJABAT STRUKTURAL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN. MAKA DIPANDANG PERLU UNTUK MENSOSIALISASIKAN PERATURAN TERSEBUT.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • PELABELAN INVENTARISASI ASET SEKRETARIAT DAERAH KOTA BANJARMASIN

    INVENTARISASI ADALAH KEGIATAN UNTUK PENGECEKAN ANTARA DATA ADMINISTRATIF BARANG DENGAN KONDISI FISIK. MAKSUD DARI INVENTARISASI YAITU MENGETAHUI JUMLAH DAN NILAI SERTA KONDISI BARANG YANG SEBENARNYA YANG DIKUASAI PENGGUNA BARANG MAUPUN KUASA PENGGUNA BARANG ATAS SUATU OBYEK BARANG.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • PEMKO BANJARMASIN TINDAK LANJUTI MOU DENGAN PEMKO SURABAYA

    SEBAGAI TINDAK LANJUT MOU DENGAN PEMERINTAH KOTA SURABAYA, SEKRETARIS DAERAH KOTA BANJARMASIN DRS. H. ZULFADLI GAZALI, Msi BESERTA ROMBONGAN DITERIMA OLEH SEKRETARIS DAERAH KOTA SURABAYA IR. HENDRO GUNAWAN BERTEMPAT DI RUANG SIDANG WALIKOTA SURABAYA, KAMIS (22/08).

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • Walikota Kunjung Asrama Mahasiswa Malang

    Bertempat di ruang sidang Balai Kota Malang, Walikota Malang Drs. Peni Suparto, M.Ap menyambut dengan hangat kedatangan rombongan dari Banjarmasin yang di pimpin oleh Walikota Banjarmasin H. Muhidin, Kamis (22/08).  Kedatangan diterima langsung Walikota Malang dan dilanjutkan dengan jamuan makan siang, setelah itu Drs. Peni Suparto Walikota Malang dan Drs. Bambang Priyo Utomo, Bsc Wakil Walikota Malang menerima seluruh rombongan di Ruang Sidang. 

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • MoU Dengan UNAIR SURABAYA

    Pemerintah Kota Banjarmasin selalu berusaha menjadikan Kota Banjarmasin menjadi lebih baik, melalui kerjasama di bidang pembangunan daerah yang kali ini ditandai dengan penandatanganan piagam kesepahaman dengan Universitas Airlangga.   

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • WALIKOTA BANJARMASIN PANTAU PEMERIKSAAN KESEHATAN CALON HAJI

    PARA CALON JEMAAH HAJI KOTA BANJARMASIN YANG SUDAH MELUNASI KEWAJIBAN DALAM DAFTAR ULANG CALON JEMAAH HAJI  MELAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DALAM RANGKA PERSYARATAN UNTUK BERANGKAT KE TANAH SUCI.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • MENTERI PERUMAHAN RAKYAT CANANGKAN RUMAH BAGI MBR KOTA BANJARMASIN

    MENTERI PERUMAHAN RAKYAT, H DJAN FARIDZ MERESMIKAN PENCANANGAN 10 RIBU RUMAH BAGI MASYARAKAT BERPENGHASILAN RENDAH (MBR) DI LOKASI MILIK SALAH SATU PENGEMBANG, PT HERLINA PERKASA.PENCANANGAN DITANDAI DENGAN PENEKANAN SIRINE OLEH DJAN DIDAMPINGI GUBERNUR KALSEL, H RUDY ARIFFIN, WALIKOTA BANJARMASIN, H MUHIDIN, KAPOLRESTA BANJARMASIN, KOMBES POL SUHARYONO, DAN PEMILIK   PT HERLINA PERKASA, H HASBULLAH.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • LAKIP PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN

    LAKIP PEMRINTAH KOTA BANJARMASIN

    Silahkan download  File LAkip pada icon Download kanan atas

  • UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN RI KE 68 TAHUN 2013 DI HALAMAN KANTOR WALIKOTA BANJARMASIN.

    DI BANJARMASIN, UPACARA PERINGATAN DETIK – DETIK PROKLAMASI KE 68 TAHUN 2013 DI TANDAI DENGAN PEMBUNYIAN SIRINE SELAMA SATU MENIT. KEGIATAN HUT KEMERDEKAAN RI DI BALAI KOTA BERJALAN DENGAN KHIDMAT, TERTIB, AMAN DAN LANCAR.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • WALIKOTA APRESIASI VETERAN PEJUANG KEMERDEKAAN

    SEBAGAI BENTUK APRESIASI PEMERINTAH KOTA (PEMKO) BANJARMASIN KEPADA PARA PEJUANG KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA, PADA JUMAT (16/8) MALAM DIADAKAN MALAM RAMAH TAMAH WALIKOTA BANJARMASIN DENGAN UNSUR MUSPIDA KOTA BANJARMASIN BERSAMA PERINTIS KEMERDEKAAN, VETERAN ’45, JANDA PEJUANG SERTA PURNAWIRAWAN DI BALAI KOTA BANJARMASIN.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • PENGUKUHAN PASKIBRA KOTA BANJARMASIN TAHUN 2013

    Kamis (15/08) merupakan hari yang sangat dinanti oleh para calon anggota Paskibra Kota banjarmasin, dimana pada hari ini 27 orang calon paskibra dikukuhkan sebagai anggota paskibra.Sebelumnya mereka dikarantina terlebih dahulu untuk mendapatkan pembinaan secara fisik dan mental supaya mereka lebih mengerti akan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang paskibra.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • UPACARA PERINGATAN HARI JADI KE 63 PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

                RABU (14/08) PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN MENGADAKAN UPACARA PERINGATAN HARI JADI KE 63 PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DI HALAMAN KANTOR WALIKOTA BANJARMASIN.  BERTINDAK SEBAGAI PEMBINA UPACARA ASSISTEN I BIDANG PEMERINTAHAN RUSDIANSYAH. DALAM AMANATNYA BELIAU MEMBACAKAN SAMBUTAN DARI GUBERNUR KALIMANTAN SELATAN RUDI ARIFIN.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • SEKDAKO BANJARMASIN MEMBUKA SECARA RESMI MANASIK HAJI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2013

    DALAM RANGKA PEMBEKALAN KEPADA PARA CALON JAMAAH HAJI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2013 YANG AKAN BERANGKAT MENUNAIKAN RUKUN ISLAM YANG KELIMA, KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BANJARMASIN, PADA HARI RABU (14/08) MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBUKAAN MANASIK HAJI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2013 YANG DIIKUTI OLEH 526 ORANG CALON JAMAAH HAJI KOTA BANJARMASIN TAHUN 2013.   

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • PELANTIKAN KEPALA DINAS PERHUBUGNAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

    Seusai rapat membahas peringatan hari jadi kota, kemarin (12/8), Walikota Banjarmasin Muhidin mendadak minta segera digelar acara pelantikan. Yang dikejutkan Muhidin tak lain HM Kasman. Sebelumnya sekretaris sekaligus PLH, kini dilantik menjadi Kepala Dishubkominfo Kota Banjarmasin.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • DIALOG PENDIDIKAN WAWASAN KEBANGSAAN

    BERTEMPAT DI RUANG RAPAT UTAMA POLRESTA BANJARMASIN, SELASA (13/08) BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KOTA BANJARMASIN MENGADAKAN DIALOG DAN DISKUSI WAWASAN KEBANGSAAN DENGAN TEMA MELALUI DIALOG PENDIDIKAN WAWASAN KEBANGSAAN KITA TINGKATKAN PERSATUAN DAN KESATUAN BERBANGSA DAN BERNEGARA..

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • APEL DAN SILATURAHMI SETELAH LEBARAN

    SETELAH MENIKMATI CUTI BERSAMA, MAKA SENIN (12/08) DILAKSANAKAN APEL PAGI DILANJUTKAN DENGAN TAUSIAH DAN SILATURAHMI SELURUH PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN.

              APEL PAGI DIPIMPIN LANGSUNG OLEH WALIKOTA BANJARMASIN H. MUHIDIN BELIAU JUGA SECARA PRIBADI MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI KEPADA SELURUH PEGAWAI DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN.

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • BUKA BERSAMA ANAK YATIM PIATU

    Sebanyak 400 anak yatim piatu dari 20 panti asuhan yang tersebar di Kota Banjarmasin mengikuti acara Buka Puasa Bersama Wakil Walikota HM. Irwan Anshari dan Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Zulfadli Gazali, Msi di Aula Kayuh Baimbai, minggu (04/08).

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • BUKA PUASA BERSAMA WAKIL WALIKOTA DAN PASUKAN KUNING KOTA BANJARMASIN

    PASUKAN KUNING YANG SELAMA INI MENJADI UJUNG TOMBAK DALAM MENJAGA KEBERSIHAN KOTA BANJARMASIN, KALI INI MENDAPAT KEHORMATAN DI UNDANG OLEH WAKIL WALIKOTA BANJARMASIN HM. IRWAN ANSHARI UNTUK BUKA PUASA BERSAMA DI AULA KAYUH BAIMBAI KANTOR WALIKOTA BANJARMASIN, SENIN (29/07).

    Daftar untuk lihat selengkapnya...

  • Safari Ramadhan Ke Masjid Nurrahman Nurrahim


    Pemerintah kota banjarmasin melaksanakan kegiatan rutin setiap bulan ramadhan, yakni kegiatan mengunjungi masjid-masjid yang ada di kota banjarmasin.

    Kegiatan yang dilaksanakan menjelang berbuka puasa ini dikenal dengan safari ramadhan, tujuan utamanya adalah sebagai bentuk silaturrahmi pemerintah kota dengan warga kota banjarmasin khususnya umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa, selain itu juga dalam kegiatan safari ramadhan ini, pemko banjarmasin sekaligus menyerahkan dana bantuan untuk panitia pengelola masjid yang dikunjungi.

    Kegiatan ini berlanjut pada hari rabu (01 agustus) yang bertepatan dengan hari ke 12 ramadhan tahun 1433 h. Di masjid nurrahman nurrahim yang beralamat di jalan sultan adam komp. H. Andir gang beringin ii rt. 13 kelurahan sungai jingah kecamatan banjarmasin utara.kegiatan yang dihadirisekretaris daerah kota banjarmasin drs. H. Zulfadli gazali, m.si atas nama pemko banjarmasin menyerahkan bantuan dana sebesar 25 juta rupiah kepada panitia pengelola masjid nurrahman nurrahim.

    sambil menunggu saat berbuka puasa, jemaah masjid berkesempatan mendengarkan tausiah yang disampaikan oleh ustad yusuf

     

  • Pembukaan Workshop Penyusunan Rencana Aksi Kota Pusaka Banjarmasin

    Tidak sedikit kota pusaka di indonesia saat ini terancam hilang. 

    Padahal di banyak negara di dunia ingin membangun dan menata kembali apa yang disebut kota pusaka (heritage cities),

    Sedangkan kondisi di indonesia sungguh terbalik. Dimana regulasi dan kebijakan  untuk menata kota - kota pusaka masih sangat minim 

    Karena banyak daerah hanya mengejar apbd.

    Bila kondisi ini terus berjalan maka dalam 10 (sepuluh) tahun kedepan kota - kota pusaka di indonesia akan hilang.

    Ancaman hilangnya kota pusaka di indonesia justru berasal dari minimnya dukungan dari pemerintah daerah yang ada, karena mereka

    Dihadapkan oleh berbagai tekanan komersial dan urbanisasi yang sangat menggurita.

    Solusinya adalah perlu peraturan daerah dan kebijakan pengembangan kota pusaka.

     

    Bertempat di rattan inn hotel banjarmasin, diselenggarakan workshop penyusunan rencana aksi kota pusaka (rakp) banjarmasin

    Yang diselenggarakan berkat kerjasama antara direktorat perkotaan ditjen penataan ruang dengan pemerintah kota banjarmasin pada tanggal 26 dan 27 juli 2012, yang dibuka oleh wakil walikota banjarmasin hm. Irwan ansyari dan diikuti oleh 10 (sepuluh) kota yang ada di indonesia.

     

    Dalam sambutannya wakil walikota menyampaikan agar selalu mempertahankan bangunan warisan tanpa mengabaikan perkembangan kota

    Karena harus menciptakan lapangan kerja demi kesejahteraan rakyat.

    Dalam kegiatan pembangunan kota seperti untuk membangun mall, jangan sampai menggusur bangunan bersejarah karena akan menghilangkan identitas bangsa. Karena itu sangat diperlukan kebijakan yang arif dan solusi yang tepat untuk membangun kota dengan mempehatikan aset

    Budaya seperti mempertahankan bangunan kuno yang berada di tengah bangunan modern, dimana bangunan kuno tersebut tetap dipertahankan bentuk fisiknya dan bisa difungsikan sebagai perpustakaan.


    Kegiatan para peserta yang mengagendakan kunjungan ke beberapa daerah yang bisa disebut sebagai kota pusaka diantaranya rumah ano, mesjid jami, pasar terapung, makam ronggo dan makam sultan suriansyah juga yang menjadi agenda tahunan pemerintah kota banjarmasin yaitu ramadhan cake fair (pasar wadai ramadhan).

     Acara diakhiri dengan penyerahan plakat dari wakil walikota banjarmasin hm. Irwan ansyari kepada wakil dari direktorat perkotaan ditjen penataan ruang kementrian pekerjaan umum  bapak rubis, dan didampingi oleh asisten ii bidang ekonomi dan pembangunan drs. Bambang budianto, m.si dan disaksikan oleh ibu katrini yang merupakan wakil dari badan pelestarian pusaka indonesia.

    Dalam kesempatan ini juga wakil walikota banjarmasin juga menerima buku penelusuran sejarah kota denpasar dari perwakilan badan pembangunan daerah  kota denpasar bali bapak anindya putra.

     

  • Ramah Tamah Dan Buka Puasa Bersama Dengan Peserta Pekan Tilawatil Qur'an Rri Tingkat Nasional Tahun 2012

    Ramah tamah dan buka puasa bersama dengan peserta pekan tilawatil qur'an rri tingkat nasional tahun 2012

    suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kota banjarmasin dapat menjadi tuan rumah pekan tilawatil qur'an (ptq), cerdas cermat
    isi kandungan al qur'an dan lomba pidato / tausiah rri tingkat nasional tahun 2012.
    Kegiatan yang dapat juga menjadi sarana evaluasi dan pembinaan bagi para qori / qoriah yang berasal dari perwakilan 65 stasiun rri,
    khususnya dalam bidang seni baca al qur'an, cerdas cermat dan pidato/tausiah.

    Sebagai tuan rumah, maka pada hari sabtu 28 juli 2012 pemerintah kota banjarmasin mengundang seluruh peserta rombongan lomba pekan tilawatil qur'an untuk berbuka puasa bersama dan ramah tamah dengan pejabat di lingkungan pemerintah kota banjarmasin yang diwakili oleh wakil walikota banjarmasin hm. Irwan ansyari dan sekretaris daerah kota banjarmasin drs. H. Zulfadli gazali serta seluruh kepala skpd di lingkungan pemerintah kota banjarmasin yang bertempat di aula kayuh baimbai.

    Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 120 peserta dari seluruh indonesia  yang akan mengikuti lomba tilawah, cerdas cermat dan eksebisi lomba pidato berbahasa arab untuk regional kalimantan selatan.
    Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 28 - 30 juli 2012.

    Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh kepala radio republik indonesia wilayah vi bapak sudirman bonavarte kepada wakil walikota hm. Irwan ansyari yang juga disaksikan oleh sekretaris daerah kota banjarmasin.

  • Silaturahmi Korem 101 Antasari di Pemerintah Kota Banjarmasin

    Sebagai bentuk komunikasi yang baik antara pemerintah kota banjarmasin dan tentara nasional indonesia (tni) angkatan darat, maka pada hari senin pagi 09 juli 2012, bertempat di ruang kerja walikota banjarmasin menerima kunjungan dari korem 101 antasari yang dipimpin langsung oleh komandan korem 101 antasari kol. Inf. M. Herindra ma beserta istri dan didampingi oleh letkol inf. Waston purba beserta istri dan segenab jajaran.

    Rombongan ini diterima oleh walikota banjarmasin beserta istri dan didampingi sekretaris daerah kota banjarmasin drs. H. Zulfadli gazali beserta istri, ketua dprd kota banjarmasin rusian, se, sh. Serta kapolsek banjarmasin tengah.

    Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi sekaligus berbagi informasi tentang kondisi kota banjarmasin, baik menyangkut keamanan, ketertiban, politik, sosial masyarakat, serta beragam persoalan lainnya yang terjadi di kota banjarmasin

     

  • Peresmian Mesjid Al Jihad


    Muhammadiyah adalah sebuah organisasi keagamaan yang disebut - sebut modernis.

    Perkembangannya di bumi kalimantan selatan pada sebuah desa yang letaknya hampir 5 jam dari kota banjarmasin dan terletak di hulu sungai bagian utara: alabio

    masjid al jihad berdiri sejak tahun 1969 yang beralamat di jalan cempaka besar. Karena perkembangan jemaah yang terus meningkat, maka pengelola masjid sudah melakukan 4 kali renovasi baik berupa perluasan, perbaikan maupun peninggian. Namun dalam usia yang ke 43, masjid al jihad mengalami renovasi total. Dengan dihancurkannya untuk dibuat bangunan yang baru yang lebih besar, luas dan fasilitas yang lebih baik.

    Renovasi total masjid dimulai 13 mei 2010 yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh gubernur kalimantan selatan rudy ariffin. 

    Pembangunan masjid dilaksanakan kontraktor pt. Jaya wibawa guna, konsultan pengawas pt. Matra estetika rekayasa dan konsultan perencana  pt. Banua patria. 

    Bangunan baru masjid al jihad seluas 2.854 m2, tinggi  15.28 m dan konstruksi beton bertulang. Pembangunan masjid memiliki 3 kubah emanel, sebuah berdiameter 12 meter dan 2 buah berdiameter 3 meter. Masjid ini dilengkapi dengan menara setinggi 35 meter.

    Bangunan baru masjid dilengkapi ruang ibadah pada lantai dasar lantai 2 dan 3. Kemudian ruang tunggu imam, ruang kantor sekretariat masjid, ruang lobby atas, ruang terbuka dibagian luar lantai 2, tempat wudhu pria dan wanita, kamar mandi serta wc.

    Fasilitas lain adalah 5 buah televisi monitor yang ditempatkan di lima titik di dalam tempat ibadah, ac dan sound system dengan speaker di 44 titik. Kemudian kamera cctv untuk memantau kondisi jemaah dan keamanan masjid.

    Di luar masjid ada bangunan untuk radio fm selidah al jihad dan taman yang dilengkapi air mancur. Bangunan baru masjid ini juga menyediakan tangga dan tempat wudhu bagi para penyandang cacat yang memakai kursi roda, kemudian tempat terbuka di lantai 2 untuk berbagai kegiatan. Masjid ini akan dilengkapi pula dengan lift.

    Dalam sambutannya gubernur kalimantan selatan rudy ariffin mengharapkan agar dengan bertambahnya tempat ibadah umat islam, antara lain dapat meningkatkan kualitas iman dan taqwa seluruh umat islam di kalimantan selatan dan masjid juga menjadi tempat untuk melahirkan umat yang bermoral dan berakhlak.

    Semangat mendirikan atau membangun masjid hendaknya tidak pada awalnya saja tetapi terus berlanjut terhadap kemakmuran  masjid dan mengupayakan munculnya syiar - syiar islam islam dari masjid - masjid yang ada di kalimantan selatan.

    Semoga masjid al jihad yang berdiri dengan segala kemegahannya dapat menjadi sebuah masjid yang melahirkan umat islam yang berkualitas dan berakhlak mulia.

    Acara diakhiri dengan penandatanganan prasasti peresmian masjid oleh gubernur kalimantan selatan rudy ariffin di dampingi oleh wakil walikota hm. Irwan ansyari, ketua pp muhammadiyah din syamsudin. Juga di resmikan penggunaan radio fm selidah al jihad oleh ketua pp muhammadiyah din syamsudin 

Alamat Kontak

Pemerintah Kota Banjarmasin
Jl. RE. Martadinatan No.1
Banjarmasin
Telp. (0511) 4368142 s/d 4368145 
Fax.(0511) 3353933