peringatan hardiknas & hari OTDA

Bagian Data Elektronik
image1

Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina, S.Pi, M.Si menjadi pembina Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah Tahun 2016, Senin, 2 Mei 2016 di Halaman Balai Kota Banjarmasin. Upacara berlangsung khidmat yang di hadiri oleh Wakil Walikota Banjarmasin, Hermasyah, Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Drs. Ichwan Noor Chalik, M.Si, Para Asisten Sekretariat Daerah Kota Banjarmasin, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala SKPD dan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

  Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah Tahun 2016 ini, Walikota Banjarmasin menyampaikan bahwa penetapan peringatan Hari Otonomi Daerah secara Nasional setiap Tanggal 25 April didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996. Tujuannya adalah untuk memasyarakatkan dan memantapkan pelaksanaan otonomi daerah di setiaptingkatan pemerintahan, mulai dari pusat sampai dengan daerah.

            Tema Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XX Tahun 2016 adalah “Memantapkan Otonomi Daerah Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Makna dari tema tersebut adalah : (1) Otonomi Daerah yang telah menjadi komitmen dan konsensus para pendiribangsa Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945, bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, pemberdayaan masyarakat, peningkatan daya saing daerah, dan pengembangan demokrasi lokal. (2) Seiring dengan telah diberlakukan kebijakan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada Tahun 2016 ini, seluruh pemerintah daerah harus menata seluruh elemen otonomi daerah, agar Indonesia tidak menjadi penontondalam era persainagan bebas. Dalam era MEA diberlakukan 5 arus bebas dalam aktivitas ekonomi antar-negara ASEAN, yaitu Arus bebas barang, Arus bebas jasa, Arus bebas tenaga kerja terampil, Arus bebas modal dan Arus bebas investasi. (3) Melalui pemantapan Otonomi Daerah, kita tidak akan kalah bersaing dengan negara-negara yang berada di lingkungan ASEAN.

            Ibnu Sina juga menyampaikan bahwa Hardiknas diperingati bukan hanya untuk mengenang jasa Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia dan seluruh pejuang pendidikan yang patut kita kenang dan hargai. Namun, juga untuk kita merefleksikan tentang beragam upaya yang telah dan sedang kita lakukan dalam menjalankan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Perjalanan tersebut menjadi tonggak untuk upaya kita selanjutnya dalam memberikan layanan pendidikan berkualitas bagi putra putri bangsa, menciptakan SDM Indonesia yang terampil, dan meningkatkan kapasitas penciptaan beragam inovasi dan teknologi yang berdaya saing, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

            Hardiknas kali ini kita peringati dengan tema “Ayo Kerja, Inovatif dan Kompetitif”. Tema tersebut merupakan seruan bagi seluruh kalangan pendidikan untuk melakukan reformasi pendidikan, sebagaimana telah dimulai oleh Bapak Pendidikan kita. Reformasi pendidikan merupakan suatu keniscayaan pada saat ini, ketika kita menghadapi beragam tantangan luar biasa dalam skala lokal, nasional, maupun global. Melalui pendidikan, kita mempersiapkan SDM yang akan bersaing dalam pasar kerja nasional maupun internasional.

            Pada Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah Tahun 2016 ditampilkan atraksi baris-berbaris dari SMPN 23 Banjarmasin, paduan suara SMA Don Bosco yang menyanyikan lagu-lagu daerah.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 17%
Baik 62%
Cukup 13%
Kurang 7%