Awas, di Banjarmasin Ada CCTV On Line

Diskominfotik Banjarmasin
image1

BANJARMASIN - Seorang pengedara kendaraan bermotor di perempatan Jalan Kamboja Banjarmasin, hari Senin (07/01) pagi sekira pukul 08.00 Wita tampak terkejut saat tiba-tiba mendengar sebuah suara cukup nyaring menegur posisi sepeda motornya, yang berhenti tepat di jalur zebra cros. Keterkejutan pengendara sepeda motor matic itu semakin menjadi-jadi, saat mengetahui penegur pelanggaran yang dilakukannya adalah Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina. “Asalamualaikum, untuk para pengguna jalan di Simpang Kamboja terutama berjaket biru dan hijau tolong tertib sesuai marka jalan. Salam hangat dari Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, dari ruang kontrol Lalulintas Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin. Teirima kasih semoga selamat sampai tujuan. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh,” ucapnya.

Meski sedikit agak bingung mencari arah suara, namun pengendara berjenis kelamin laki-laki itu kemudian langsung memundurkannya kendarannya menuju posisi yang diharuskan ketika berhenti di lampu merah.
Ya, mulai saat ini, para pengguna jalan raya di Kota Banjarmasin harus lebih tertib berlalu lintas.
Dishub Kota Banjarmasin telah memasang CCTV di setiap perempatan jalan di kota ini.
Meski saat ini masih dalam tahap sosialisasi, namun bila ditemukan pelanggaran, selain mencatatnya, para petugas yang berjaga di ruang monitor akan langsung menegurnya.
Keberadaan ruang CCTV itu itu, merupakan gebrakan jajaran Dishub Kota Banjarmasin di awal tahun 2019 ini dengan tujuan untuk memberikan pelayanan publik yang maksimal.
Dengan menggandeng program smart city, kini mereka memiliki sebuah ruang monitor lalulintas yang terkoneksi dengan CCTV jaringan on line. “Hari ini sengaja ulun melihat ruang kontrol CCTV Room Dishup Kota Banjarmasin. Kita memiliki 8 titik yang dapat dipantau. Dari ruangan ini kita bisa liat kondisi perempatan jalan khususnya arus lalulintas, ketaatan pengguna jalan, dan kondisi lalu lintas yang ada,” ujar H Ibnu Sina.
Dijelaskannya, dengan adanya ruang CCTV itu, semua arus pengendara lalulintas dapat dipantau dan diatur. Selain itu, ucapnya lagi, dengan adanya ruangan CCTV tersebut, semua identitas pengguna jalan dapat dilihat. “Sehingga jika ada terjadi pelanggaran seperti marka jalan, atau melampaui batas berhenti bisa ditegur dari sini,” jelasnya.
Mudah mudahan, lanjutnya, dengan adanya CCTV pantauan langsung lapangan ini para pengguna jalan di Kota Banjarmasin semakin tertib berlalulintas.
Selain memantau ruang CCTV, saat itu H Ibnu Sina juga melihat dua unit jet ski dan kelotok wisata milik Dishub Kota Banjarmasin yang akan dioperasikan di kawasan Siring Menara Pandang.(humpro-bjm)











video profile

Pengumuman

Interaksi.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 91%
Baik 5%
Cukup 3%
Kurang 1%