GERAKAN PELESTARIAN KEBUDAYAAN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN KETAHANAN BUDAYA

Bagian Layanan Pengadaan
image1

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin menyelenggarakan Gerakan Pelestarian Kebudayaan Dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Budaya di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin, Rabu 21 September 2016. Hadir pada acara ini Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin Feranisal, S.Pd, MM, Dosen FISIP ULM Taufik Arbain, S.Sos, M.Si, Kabid. Ketahanan Seni Budaya Agama Kemasyarakatan dan Ekonomi Bakesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan Pudjiastuti, yang mewakili SKPD terkait Pemerintah Kota Banjarmasin dan peserta seminar.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Selatan.

            Gerakan Pelestarian Kebudayaan Dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Budaya dikuti lebih kurang 70 orang dari Akademisi diantaranya siswa SMA/Sederajat Se Kota Banjarmasin, Mahasiswa ULM, IAIN, dan Komunitas Sanggar.

            Kebudayaan atau peradaban mengandung pengertian luas, meliputi pemahaman perasaan suatu bangsa yang kompleks, meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat (kebiasaan), dan pembawaan lainnya yang diperoleh dari anggota masyarakat.

            Perlunya bela negara dalam perspektif budaya untuk membentuk ketahanan budaya demi mempertahankan kedaulatan budaya nusantara. Dalam ketahanan di bidang budaya harus diingat bahwa demokrasi harus menyentuh seluruh sendi-sendi kehidupan masyarakat, tidak hanya di bidang politik saja. Oleh karena itu sudah saatnya seluruh elemen bangsa mengembangkan ketahanan nasional dalam bidang budaya bukan hanya untuk kepentingan keamanan dan kesejahteraan seluruh bangsa, juga agar dapat hidup aman, damai dan berbudaya dengan mengedepankan nilai-nilai pancasila.

            Narasumber Gerakan Pelestarian Kebudayaan Dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Budaya ini yaitu  Taufik Arbain, S.Sos, M.Si (Dosen FISIP ULM) dengan materi “Mengagas Kebudayaan sebagai Sumber Peradaban dan Salah Satu Pilar Ekonomi” dan Pudjiastuti (Kabid. Ketahanan Seni Budaya Agama Kemasyarakatan dan Ekonomi Bakesbangpol Provinsi Kalimantan Selatan) dengan materi “Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Melestarikan Kebudayaan di Indonesia”.

            Dalam sambutan Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin Feranisal, S.Pd, MM atas nama Walikota Banjarmasin menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan baik.

            Sambutan di akhiri dengan Pembukaan secara resmi Gerakan Pelestarian Kebudayaan Dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Budaya oleh Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin Feranisal, S.Pd.


video profile
css-2019

Pengumuman

(Revisi) HASIL PENGUMUMAN PENGADAAN TENAGA PELAKSANA JASA PELAYANAN KESEHATAN DAN PENUNJANG KESEHATAN TAHUN 2019 PADA PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN

Diskominfotik Banjarmasin

Berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Tahun Anggaran 2019 perihal Pengadaan Tenaga Pelaksana jasa Pelayanan Kesehatan dan Penunjang Kesehatan Tahun 2019, Pemerintah Kota Banjarmasin melaksanakan Pengadaan ...

Read More

Interaksi.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 88%
Baik 6%
Cukup 4%
Kurang 2%