DIKLAT PENGELOLAAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH BAGI PUSKESMAS DI LINGKUNGAN PEMKO BANJARMASIN

Bagian Layanan Pengadaan
image1

Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat Kota Banjarmasin menyelenggarakan Diklat Pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Bagi Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin di Aula BKD, Diklat Kota Banjarmasin, Selasa 27 September 2016. Hadir pada acara ini Kepala BKD Diklat Kota Banjarmasin Drs. H. Akhmad Husaini, MM, Kabid Diklat Kota Banjarmasin Yulia Rustina dan jajarannya, Para Narasumber dari BPPK Kementerian Keuangan RI Kusmono (Kabid Perencanaan Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan), Widhayat Rudhi Windarta (Widyaiswara Ahli Muda Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan), Muldiyanto (Widyaiswara Muda Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan), dan Peserta Diklat.

Diklat Pengelolaan BLUD Bagi Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin dilaksanakan Tanggal 27 s.d 29 September 2016. Peserta diklat adalah Kepala Puskesmas, Kepala Tata Usaha Puskesmas Kota Banjarmasin sebanyak 30 peserta.

            Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah Unit Kerja pada Satuan Kerja Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat berupa penyediaan barang/jasa yang dijual tanpa mengutamakan mencari keuntungan, dan dalam melakukan kegiatannya didasarkan pada prinsip efisiensi dan produktivitas.

            Diklat Pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Bagi Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin dilatar belakangi rapat antara BPKAD Kota Banjarmasin, BAPPEDA Kota Banjarmasin dan Inspektorat Kota Banjarmasin tentang peningkatan status puskesmas menjadi BLUD di Tahun 2017, diantaranya Puskesmas Cempaka

            Dalam sambutan Walikota Banjarmasin yang dibacakan oleh  Kepala BKD Diklat Kota Banjarmasin Drs. H. Akhmad Husaini, MM menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya diklat ini. Melalui program diklat ini akan dapat meningkatkan kemampuan dan layanan bagi para peserta, khususnya dalam bidang layanan kesehatan.

            Pengembangan puskesmas sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) ini merupakan jawaban atas tuntutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan puskesmas kepada masyarakat. Harus diakui, selama ini banyak pihak mengeluhkan pelayanan di puskesmas kurang lancar, karena permasalahan dana operasional.

            “Mengingat pentingnya diklat ini, agar para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, serta menyeluruh. Sehingga apa yang nantinya disampaikan oleh pengajar atau nara sumber dapat dipahami dan dimengerti oleh para peserta”, ujar Ibnu Sina.

            Sambutan diakhiri dengan pembukaan secara resmi Diklat Pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Bagi Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin oleh Kepala BKD Diklat Kota Banjarmasin Drs. H. Akhmad Husaini, MM.

            Narasumber Diklat Pengelolaan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Bagi Puskesmas di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin ini dari BPPK Kementerian Keuangan RI Kusmono (Kabid Perencanaan Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) dengan materi “Pengelolaan BLUD”, Widhayat Rudhi Windarta (Widyaiswara Ahli Muda Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) dengan materi “Penyusunan RBA BLUD dan Sistem Pelaporan Keuangan BLUD” dan Muldiyanto (Widyaiswara Muda Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan) dengan materi “PPK BLUD”.

video profile
css-2019

Pengumuman

(Revisi) HASIL PENGUMUMAN PENGADAAN TENAGA PELAKSANA JASA PELAYANAN KESEHATAN DAN PENUNJANG KESEHATAN TAHUN 2019 PADA PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN

Diskominfotik Banjarmasin

Berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Tahun Anggaran 2019 perihal Pengadaan Tenaga Pelaksana jasa Pelayanan Kesehatan dan Penunjang Kesehatan Tahun 2019, Pemerintah Kota Banjarmasin melaksanakan Pengadaan ...

Read More

Interaksi.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 88%
Baik 6%
Cukup 4%
Kurang 2%