41 Macam Wadai Ramaikan Pasar Ramadan

Diskominfotik Banjarmasin
image1

BANJARMASIN – Pasar Wadai Ramadan 1440 hijriah yang merupakan agenda pariwisata ke enam milik Pemko Banjarmasin, secara resmi dibuka. Kegiatan di Taman Kamboja Banjarmasin dan diikuti sekira 258 unit stand kuliner, terdiri dari seratus lima puluh delapan lapak pasar wadai, dan seratus delapan dari Pedagang Kaki Lima (PKL) itu, dibuka operasionalnya oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, Senin (06/05). Di tahun 2019 ini, kegiatan tersebut juga akan diisi dengan hiburan dari artis nasional yang akan hadir setiap minggu di lapangan tersebut, untuk menghibur para pengunjung pasar tersebut. Menurut H Ibnu Sina, para pedagang yang memeriahkan event tahun itu tak hanya dari dalam kota Banjarmasin, tapi juga banyak pedagang yang datang dari luar kota berjuluk seribu sungai. Pelaksanaan kegiatan Pasar Wadai Ramadan tahun ini, jelasnya, memang lebih spesial dari tahun sebelumnya mengingat kegiatannya dilaksanakan di kawasan berbeda yakni di Taman Kamboja Banjarmasin. Hal ini dilakukan agar destinasi wisata Taman Air Mancur Menari yang ada di kawasan Taman Kamboja Banjarmasin lebih dikenal masyarakat.

“Mudah-mudahan, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan Agenda Pasar Ramadan yang dilaksanakan sejak hari ini sampai dua puluh enam hari kedepan bisa menggeliatkan perekonomi Kota Banjarmasin,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya. Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, tak hanya dapat lebih menggerakan perekonomian Kota Banjarmasin tetapi juga mengangkat Budaya serta menghidupkan para Wira Usaha Baru binaan Pemko Banjarmasin. Dalam kegiatan yang dihadiri Kadis Pariwisata Provinsi Kalsel, Forkopimda Kota Banjarmasin, para kepala SKPD dan Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah dan Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Ikhsan Alhaq menerangkan, kegiatan pasar wadai yang digelar sejak awal bulan suci ramadan hingga akhir bulan tersebut merupakan kegiatan yang sudah berjalan sekira 30 tahun lamanya. Tempat pelaksanaannya kegiatan tersebut, setiap tahunnya selalu di kawasan Siring Balai Kota Banjarmasin atau dulunya disebut Pelabuhan Lama. Mengingat saat ini Kota Banjarmasin memiliki sebuah destinasi wisata baru, yakni Taman Air Mancur Menari yang berlokasi di Taman Kamboja Banjarmasin, maka upaya untuk memperkenalkan destinasi tersebut dilakukan, satu diantaranya dengan menggelar pasar wadai ramadan di kawasan tersebut. “Jadi tahun ini pertama kali dilaksanakan di Lapangan Expo Taman Kamboja Kota Banjarmasin,” katanya.
Kegiatan Pasar Ramadan ini, jelasnya lagi, termasuk satu dari tiga puluh enam event Kota Banjarmasin sepanjang Tahun 2019 ini. “Tujuan lain diselenggarakannya kegiatan tersebut untuk menghadirkan kuliner-kuliner khas Banjar, dan menjadikan kuliner-kuliner ini sebagai obyek wisata disaat pelaksanaan Bulan Ramadan,” jelasnya.(humpro-bjm)






























video profile

Pengumuman

Interaksi.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 89%
Baik 6%
Cukup 4%
Kurang 1%