Kwarcab Banjarmasin Beri Penghargaan Pramuka Disabilitas

Diskominfotik Banjarmasin
image1

BANJARMASIN – Perhatian terhadap para penyadang disabilitas di Kota Banjarmasin, ternyata tak hanya dilakukan Pemko Banjarmasin. Saat kegiatan Peringatan Hari Pramuka ke 58 Tahun 2019 tingkat Kota Banjarmasin, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin memberikan penghargaan kepada 21 orang anggota Pramuka disabilitas dari berbagai sekolah inklusi mulai tingkat SD, SMP dan SMA. “Penghargaan yang diberikan kepada para penyandang disabilitas itu merupakan upaya bersama untuk mensejajarkan mereka dalam hal berbagai kegiatan keorganisasian,” ujar Wakil Walikota Banjarmasin, H Hermansyah,” Sabtu (31/08).

Selain itu, dalam kegiatan di Halaman Balai Kota Banjarmasin juga diberikan penghargaan kepada Kecamatan yang dinilai baik dalam pelaksanaan kegiatan Gelar Senja. “Penghargaan ini sebuah apresiasi kepada Kecamatan yang diberikan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin, karena dinilai sebagai pelaksana gelar senja terbaik. Semua kita beri penghargaan dan uang pembinaan,” ucap Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin, H Sumarno DS.
Dijelaskannya lagi, kegiatan lain yang akan dilaksanakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin dalam waktu dekat ini adalah mengikuti Lomba Gugus Depan Unggul. “Insyaallah nanti tanggal Gugus Depan Pelambuan 4. Tanggal 8 September berangkat ke Bogor, salah satu atraksi yang akan ditampilkan dalam lomba tersebut adalah kesenian musik panting,” kata Sumarno.
Penghargaan kategori terbaik pertama kegiatan gelar senja diraih Kecamatan Banjarmasin Timur, kemudian terbaik kedua Banjarmasin Barat, terbaik ketiga Banjarmasin Utara, terbaik keempat Kecamatan Banjarmasin Selatan dan terbaik kelima Kecamatan Banjarmasin Tengah. Tak hanya para penyandang disabilitas dan para Camat se Kota Banjarmasin saja yang mendapatkan penghargaan saat itu, tetapi sekolah-sekolah lain yang mengikuti lomba-lomba juga diberikan penghargaan. Penyerahaan penghargaan berupa tropy dan piagam, dilakukan langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin HM Irwan Anshari, serta Forkopimda Kota Banjarmasin. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina saat membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, mengajak seluruh anggota Pramuka Kota Banjarmasin untuk melakukan perang terhadap sampah plastik. Seluruh anggota Pramuka Kota Banjarmasin, lanjutnya, hendaknya sejak saat ini membulatkan tekad untuk semaksimal mungkin memanfaatkan produk yang dapat digunakan lagi, dan menghindari produksi sampah berbahaya bagi lingkungan. “Saya minta sejak saat ini juga dalam kegiatan Pramuka, mulai dari Kwartir Nasional sampai Gugus Depan, bahkan sampai kegiatan pribadi marilah kita menolak penggunaan bahan berbahaya bagi lingkungan,” ujarnya.
Kegagalan manusia memelihara kelestarian lingkungan, katanya lagi, sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana alam seperti, banjir, longsor, kebakaran hutan dan lahan. Penanganan bencana yang tidak terorganisasir dengan, akan menurunkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah tentang kemampuannya menjalankan perintah aktif konstitusi. “Oleh karena itu memberikan respon yang tepat terhadap bencana menjadi kewajiban dan tanggungjawab setiap orang termasuk anggota Pramuka. Gerakan pramuka tidak boleh berpangku tangan setiap kali terjadi bencana, tetapi mengambil peran aktif bersama instansi terkait melakukan tindakan pertolongan pertama yang diperlukan,” harapnya.(humpro-bjm)


























video profile
css-2019

Pengumuman

Interaksi.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 89%
Baik 6%
Cukup 4%
Kurang 1%