Humas Pemko Ikut Seleksi AHM Untuk Berpartisipasi dan Mengenalkan Hasil Pembangunan

Diskominfotik Banjarmasin
image1

BANJARMASIN – Humas Setda Kota Banjarmasin mengikuti seleksi Anugerah Media Humas (AHM) yang dilaksanakan dalam rangka Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK), di Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung. Kegiatan yang diikuti sekira 1500 orang terdiri dari Humas Kementerian, Lembaga Pemerintah, Non Kementerian (LPNK), Pemerintah Daerah, BUMN, dan PTN itu, Humas kota berjuluk seribu sungai mengirimkan beberapa media hasil produksinya, salah satunya majalah informasi pembangunan BAIMAN. Menurut Kabag Humas Setda Kota Banjarmasin, Yusna Irawan, keikutsertaan Humas Setda Kota Banjarmasin dalam kegiatan tersebut merupakan sebuah bentuk partisipasi agar sinergitas dengan seluruh Humas di Indonesia tetap terjalin. Selain itu, lanjut pria yang akrab disapa Pak Yusna ini, keikutsertaan bagian yang dipimpinnya dalam kegiatan tersebut agar hasil pembangunan di kota berjuluk seribu sungai yang masuk dalam media Humas, dapat diketahui masyarakat umum. “Partisipasi kita dalam kegiatan ini adalah dengan mengikutsertakan beberapa media milik Humas dalam seleksi AHM, satu diantaranya majalah informasi pembangunan BAIMAN. Mudah-mudahan dengan selalu mengikuti kegiatan ini, eksistensi media Humas Setda Kota Banjarmasin dapat diketahui seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Sementara itu, dalam pembukaan kegiatan SAIK di Ball Room Novotel Pangkal Pinang, Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar selalu bijak dalam menggunakan media sosial. Hal ini dikarenakan semua konten yang telah diposting di dalam medsos tidak bisa dihapus, sehingga semua orang dapat melihatnya dan memberikan respon atas postingan yang telah disebarkan. “Saya ingatkan kepada semua lapisan masyarakat, jejak digital itu tidak bisa dihapus. Jadi bila membuat konten negatif, recordnya akan ada terus. Dan bagi pemuda yang sedang mencari pekerjaan, jangan sampai gagal hanya karena jejak online miliknya,” ujarnya, saat memberikan sambutan yang dibacakan Dirjen IKP Kemeninfokom, Widodo muktio, Kamis (24/10).
Kegiatan SAIK 2019 ini sangat penting, terlebih saat ini Indonesia memasuki peradaban baru yakni revolusi industri 4.0. Dimana saat ini tercatat sekira 280 juta orang lebih masyarakat pengguna internet. Dengan begitu, bebernya, ini menjadi sebuah tantangan bagi Humas pemerintah dan swasta di seluruh Indonesia, agar bisa memberikan penerangan dengan baik kepada masyarakat, sehingga bisa menggunakan media yang ada dijaringan internet dengan baik. “Dilingkungan Kemeninfokom, kini ada aturan yang mewajibkan seluruh karyawannya memiliki media sosial dan dengan pengikut yang banyak. Kemudian mereka kami mintakan setiap hari memberikan informasi yang baik melalui media sosial masing-masing. Dengan begitu seluruh masyarakat Indonesia diharapkan bisa menerima informasi yang baik dan memberikan dampak yang positif,” ucapnya.
Hal senada juga dikatakan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah. Menurutnya, dalam peradaban revolusi industri 4.0 penguasaan alat komunikasi publik seperti media online, kini menjadi sebuah kebutuhan bagi seluruh lapisan masyarakat. “Jadi apabila kita terlambat mengenal dan menguasai ilmu dan teknologi komunikasi, maka dipastikan Indonesia dan semua daerah akan tertinggal,” ujarnya.
Kegiatan SAIK, katanya lagi, merupakan sarana edukasi agar dapat berkomunikasi dengan bijak, dan semua informasi yang diberikan Humas kepada masyarakat harus selalu mengarusutamakan komunikasi yang berdasarkan nilai-nilai luhur bangsa ini yakni berdasarkan Pancasila. “Saya berharap kegiatan SAIK dan seminar kehumasan ini nantinya akan ada aksi nyata dalam tingkatkan pelayanan kehumasan kepada pemerintah dan masyarakat, seperti gagasan kreatif dan inovatif sehingga informasi yang diberikan dapat bernilai bagi masyarakat,” pungkasnya.
Kegiatan yang mengambil tema Kolaborasi Komunikasi Untuk Memperkuat Persatuan dan Kedaulatan Bangsa, dilaksanakan dari tanggal 23 hingga 25 Oktober 2019. Salah satu provinsi yang berhasil mendapatkan penghargaan AHM tahun 2019 ini adalah Humas Setda Provinsi Kalsel, kategori siaran pers dan pemberitaan.(humpro-bjm)















video profile
css-2019

Pengumuman

Interaksi.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 88%
Baik 6%
Cukup 4%
Kurang 2%