Wawali Tandatangani Komitmen Peduli Penderita Diabetes

Diskominfotik Banjarmasin
image1

BANJARMASIN - Komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat kota berjuluk seribu sungai, kembali dilakukan Pemko Banjarmasin. Melalui peringatan Hari Diabetes Dunia tahun 2019, Wakil Walikota Banjarmasin, H Hermansyah menyatakan komitmennya untuk memberikan penanganan cepat terhadap penderita diabetes. Bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin Taufik Rifani, dan Nutrifood Indonesia wilayah Kalimantan Selatan, ia kemudian membubuhkan tandatanganya diatas papan board bertuliskan I GIVE MY #HANDS4DIABETES in WORLD DIABETES DAY 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Siring Balai Kota Banjarmasin, Minggu (7/11).

Menariknya, setiap tandatangan orang yang bersepakat dengan komitmen tersebut, akan diberi nilai sebesar Rp seribu rupiah. Uang tersebut, kemudian dikumpulkan untuk diserahkan kepada penyandang diabetes. H Hermansyah menyatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Dispora Kota Banjarmasin bekerja sama dengan Nutrifood Indonesia wilayah Kalimantan Selatan. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit terutama penyakit diabetes. Terlebih, lanjutnya, kegiatan tersebut dibarengi dengan senam pagi bersama, sehingga selain menambah semangat beraktifitas juga dapat menghilangakan berbagai macam penyakit. “Ini salah satu cara untuk menambah semangat dan menumbuh kembangkan olahraga di Kota Banjarmasin. Dan adanya kegiatan ini juga salah satu cara menghilangkan segala penyakit, baik penyakit ringan atau penyakit lainnya,” ujarnya.
Selain menggelar senam, kegiatan lain yang digelar dalam acara tersebut adalah pengecekan kesehatannya secara gratis di stand kesehatan yang sudah disediakan. Dari informasi terhimpun, diabetes merupakan penyakit menahun dan kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula (glukosa) darah di atas nilai normal. Penumpukan glukosa di dalam darah itu akibat tidak diserap oleh sel tubuh dengan baik, sehingga menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, maka dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Sedangkan kadar gula dalam darah, dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang letaknya di belakang lambung. Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin, sel-sel tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.(humpro-bjm)





























video profile
css-2019

Pengumuman

Interaksi.

Polling

?



Hasil Polling