Penyerahan Bantuan Dana dari Kemensos RI

Bagian Data Elektronik
image1

Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin melaksanakan Penyerahan Bantuan Dana Dari Kementerian Sosial Republik Indonesia Bagi Peserta Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap I Tahun 2016 di Halaman Kantor PT. Pos Banjarmasin Jl. Lambung Mangkurat No. 19 Banjarmasin, Selasa 26 April 2016.

  Hadir pada acara ini Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, S.Pi, M.Si, Asisten Administrasi, Drs. H. Gazi Akhmadi, M.AP, Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin Drs. Agus Surono, M.Si, Kepala PT. Pos Cabang Banjarmasin Kaspul Anwar, Anggota DPRD Komisi IV Kota Banjarmasin, Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan Achmad Nur Iskandar, Perwakilan Kementerian Sosial RI Lutfi Andi Rachman, Kepala BPS Kota Banjarmasin Ir. Rismanto, MP, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin drg. Hj. Diah Ratnani Praswati, Perwakilan TP PKK Kota Banjarmasin dan SKPD terkait di Lingkungan Pemko Banjarmasin.

            Pelaksanaan kegiatan dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PKH oleh pelajar SMP Santa Maria. Dilanjutkan dengan pembacaan do’a oleh Drs. H. Djamhuri (Kementerian Agama Kota Banjarmasin).

            Kemudian Laporan Panitia Penyelenggara Dra. Maria Sulisetya Ningsih (Kabid Program Keluarga Sejahtera) yang menyampaikan bahwa PKH dilaksanakan mulai Tahun 2013 dengan jumlah peserta 2088 keluarga sangat miskin (KSM). Data tersebut diambil dari data base BPS 2011. Seiring dengan berjalannya waktu terdapat pengurangan karena adanya pindah tempat yang tidak diketahui keberadaannya. Sampai Tahun 2016 ini jumlah peserta menjadi 1867 KSM dan bantuan yang diterima bervariasi sesuai dengan kondisi keluarga peserta PKH. Untuk Tahun 2013 dan 2014 bantuan diperuntukkan bagi ibu hamil, menyusui dan nifas, anak pra sekolah, anak SD dan anak SMP, dan bantuan tetap ke semua pengurus keluarga. Di Tahun 2015 ada penambahan yaitu bantuan juga diperuntukkan bagi anak SMA.

            Bantuan PKH yang disalurkan Kementerian Sosial RI Tahap I melalui PT. Pos Banjarmasin sebesar Rp. 1.588.698.750,-, dimana penerima dana terendah Rp. 612.500,- dan tertinggi Rp. 1.350.000,-

            Selanjutnya sambutan Kepala PT. Pos Cabang Banjarmasin Kaspul Anwar, yang menyampaikan bahwa di Kota Banjarmasin terdapat 11 Unit Kantor Pos yang memudahkan peserta PKH dalam transportasi. Saat ini PT. Pos Cabang Banjarmasin membayarkan dana bantuan untuk peserta di 3 kecamatan (Banjarmasin Barat, Banjarmasin Tengah dan Banjarmasin Selatan). Baru Tahun 2013 Kota Banjarmasin ikut PKH. Program ini ditujukan untuk fasilitas bidang kesehatan dan pendidikan. Sesuai dengan slogan PKH “Orang Tua Boleh Susah, Anak-Anak Harus Sejahtera”.

            Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Bantuan Dana dari Kementerian Sosial RI bagi Peserta Program Keluarga Harapan Tahap I Tahun 2016 kepada 3 perwakilan peserta yaitu :

1.       Nor Aida Wahyuni, yang menerima dana bantuan sebesar Rp. 1.350.000,-

2.       Nor Aida, yang menerima dana bantuan sebesar Rp. 1.350.000,-

3.       Rusnah, yang menerima dana bantuan sebesar Rp. 1.337.500,-

            Pada kesempatan ini Walikota Banjarmasin didampingi Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin berdialog langsung dengan peserta PKH yaitu Maimunah dari Kelayan, Arpah dari Kampung Sasirangan dan Serli dari Tatah Makmur. Ibnu Sina menyampaikan bahwa Program Keluarga Harapan dimaksudkan untuk membantu keluar dari kemiskinan. Dana yang diterima agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Juga berpesan agar menjaga anak-anak, jangan tidak sekolah, jangan terlibat narkoba. Serta mengingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan untuk menjadikan Banjarmasin Baiman, Barasih Wan Nyaman.

            Sambutan di akhiri dengan pembukaan secara resmi Penyerahan Bantuan Dana dari Kementerian Sosial RI bagi Peserta Program Keluarga Harapan Tahap I Tahun 2016 oleh Walikota Banjarmasin.


Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 17%
Baik 62%
Cukup 13%
Kurang 7%