SOSIALISASI PROGRAM PERTUKARAN PEMUDA ANTAR NEGARA

Bagian Humas dan Protokol
image1

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina membuka Sosialisasi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin, Sabtu 18 Maret 2017. Sosialisasi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara atau Roadshow PPAN Youth of Tomorrow Dari Banua untuk Dunia merupakan kerjasama antara Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Pemerintah Kota Banjarmasin dan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Kalimantan Selatan.

 Banjarmasin adalah kota pertama di Kalimantan Selatan yang menyelenggarakan sosialisasi PPAN. Peserta sosialisasi diantaranya berasal dari ULM, Poliban Banjarmasin, STIKIP, UMB, dan Akbid Sari Mulia

       PPAN merupakan sebuah ajang untuk menggali potensi para kader pemuda masing-masing daerah dan potensi kader pemuda nasional melalui kerjasama internasional. Juga merupakan program tahunan hasil kerjasama antara Pemerintah Republik Indonesia dengan negara-negara sahabat yang telah dilaksanakan sejak tahun 1973 sekaligus sebagai salah satu program Pemerintah dalam mengembangkan generasi muda Indonesia untuk memperluas pengetahuan dan wawasan serta mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan global di masa mendatang. Dan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) sebagai organisasi perhimpunan alumni PPAN.

     Kerjasama Internasional ke 6 negara yaitu Australia, Malaysia, Korea Selatan Tiongkok, Jepang, Kanada dan India, yang diwujudkan dalam Program PPAN, diantaranya :

1. Pemagangan Pemuda Indonesia Australia (PPIA).

2. Kerjasama Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia (PPIM).

3. Pemagangan Pemuda Indonesia Korea Selatan (PPIKor).

4. Pemagangan Pemuda Indonesia Tiongkok (PPIT)

5. Ship for Southeast Asian and Japanese Youth Program (SSEYP).

           

      Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan ucapan selamat datang di Banjarmasin Kota Tertua di Kalimantan. Kota Banjarmasin termasuk Jaringan Kota Pusaka Indonesia dan semoga menjadi Kota Sungai Terbaik di Indonesia. Pada acara Clean Up Banjarmasin yang dihadiri Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia dicanangkan seluruh pelajar di Kota Banjarmasin adalah duta-duta kebersihan.

     Dalam 2 tahun ini tidak akan ada pembangunan gedung-gedung tinggi atau infrastruktur yang bersifat megah,  tapi kami berfokus pada program yaitu wisata sungai untuk menciptakan lapangan kerja dan menciptakan 2500 wirausaha baru. Semoga dalam 5 tahun ke depan akan lahir wirausaha-wirausaha muda yang mengangkat martabat dan kesejahteraan warga Kota Banjarmasin.

   Dengan bantuan PCMI, kedepannya akan banyak orang datang ke Banjarmasin. Perlu ada branding/orang yang menjadi agen untuk menginformasikan melalui media sosial agar berkunjung ke Banjarmasin. Sehingga Kalimantan Selatan mempunyai kebanggaan akan Ibukotanya. Sungai di Kota Banjarmasin tidak kalah dengan sungai-sungai di Luar Negeri, hanya perlu dibenahi.

    “Semoga menjadi generasi terbaik Kota Banjarmasin, generasi terbaik Kalimantan Selatan yang siap menghadapi tantangan global ke depan. Jadilah pemuda kreatif, inovatif, unggul dari segi keahlian, dan keilmuan”, ujar Ibnu Sina

     Pada kesempatan ini Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengapresiasi para peserta sosialisasi yang mengenakan sasirangan dan mengajak turut berpartisipasi pada rangkaian Banjarmasin Sasirangan Festival, agar bisa menjadi agenda Nasional dan mengangkat pengrajin lokal.

     Setelah membuka Sosialisasi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bertukar cenderamata dengan Ketua Purna Caraka Muda  Indonesia (PCMI) Herlena.

      Turut hadir pada acara ini Kasi Pemberdayaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan Rusdi, Ketua Purna Caraka Muda  Indonesia (PCMI) Herlena, Alumni PPAN dan Mahasiswa peserta sosialisasi.

       Narasumber pada Sosialisasi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) diantaranya : Yanuar Adam Benardie, Rima Hayati Authari dan Muhammad Fitri Yandhi.(Humpro-Bjm)

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 21%
Baik 55%
Cukup 17%
Kurang 6%