TRAINING OF TRAINERS (ToT) TIM SOSIALISASI & KADER PENYIAPAN MASYARAKAT UNTUK PEMBANGUNAN PRASARANA AIR LIMBAH KOTA BANJARMASIN.

Bagian Layanan Pengadaan
image1

PD. Pengolahan Air Limbah (PAL) Kota Banjarmasin menyelenggarkan Training of Trainers (ToT) Tim Sosialisasi & Kader Penyiapan Masyarakat untuk Pembangunan Prasarana Air Limbah Kota Banjarmasin di Hotel Swiss Belhotel, Selasa 24 Mei 2016. Hadir pada acara ini Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Counsellor Infrastructure & Economic Governance Jon Burrough, Team Leader sAIIG Andrew Mc Lernon, Direktur PD PAL Kota Banjarmasin H. Rahmatullah, SE, Program Officer Watsan-Indii Nur Fadrina Morbas, Kepala Bappeda Kota Banjarmasin Ir. Nurul Fajar Desira, CES, Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan Kota Banjarmasin Ir. Ahmad Fanani Saifuddin, MT, Asisten Setdako Banjarmasin, SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin dan Peserta Pelatihan Training of Trainers (ToT).

Dalam sambutan Walikota Banjarmasin yang disampaikan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah bahwa dalam rangka meningkatkan akses sanitasi masyarakat melalui sistem terpusat, Pemerintah telah meluncurkan program sAIIG (Australia Indonesia Infrastructure Grant Phase 2) melalui pendanaan USAID (Australia Agency for International Development).

             Ibnu Sina menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Australia yang telah membantu Kota Banjarmasin melalui Program sAIIG ini sejak Tahun 2013. Dan berusaha keras agar implementasi Program sAIIG di Kota Banjarmasin berjalan dengan sukses sesuai rencana.

            Beliau berharap melalui kegiatan ini akan terbentuk Tim Sosialisasi dan Kader Penyiapan Masyarakat untuk Pembangunan Prasarana Air Limbah secara formal yang memiliki kemampuan dan melahirkan/mencetak kader-kader baru sebagai tenaga sosialisasi (fasilitator) di masyarakat serta terbentuknya kelompok kader (SKM) di semua wilayah layanan.

            Program sAIIG sangat mendukung Strategi Nasional untuk mewujudkan RPJMN 100-0-100 di Tahun 2019, dengan melakukan pendampingan pembangunan sistem pengelolaan air limbah sistem terpusat skala kawasan kepada 43 Pemerintah Daerah.

            Dasar pelaksanaan sosialisasi ini Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik. Tujuan yang ingin dicapai adalah agar masyarakat mampu membangun kesiapan masyarakat-nya secara mandiri dan berkelanjutan.

            Ada 5 fokus Tim Sosialisasi yakni :

1.     Penyadaran Masyarakat terhadap Air Limbah. (SADAR)

2.     Semua warga terlibat dalam semua proses, sehingga warga benar2 faham. (TERLIBAT)

3.     Setiap Kepala Keluarga SIAP menyambung. (MENYAMBUNG)

4.     Setiap warga kooperatif. (MEMELIHARA)

5.     Menjadikan semua warga ikut menyampaikan (MENCETAK KADER)

            Yang menjadi target Sosialisasi Sanitasi adalah semua Tokoh Masyarakat (RT, RW, Guru, Toga, Sanitarian, Kader Kesmas, PKK, remaja dll) sebagai peserta ToT.

            Acara diakhiri dengan pembukaan secara resmi Training of Trainers (ToT) Tim Sosialisasi & Kader Penyiapan Masyarakat untuk Pembangunan Prasarana Air Limbah Kota Banjarmasin oleh Wakil Walikota Banjarmasin.


video profile

Pengumuman

Interaksi.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 91%
Baik 5%
Cukup 3%
Kurang 1%