Hermansyah Himbau Calon Jamaah Jaga Kesehatan

Bagian Humas dan Protokol
image1

Banjarmasin - Sebentar lagi bulan Ramadhan akan segera tiba, dan salah satu rukun islam yang akan dilakukan oleh masyarakat tergolong mampu adalah melaksanakan Ibadah Haji ke tanah suci, Mekkah. Beberapa kegiatan dilakukan guna membantu kelancaran para calon jamaah dalam menjalani ibadah haji nantinya. Salah satunya ialah sosialisasi tentang pentingnya kesehatan khususnya bagi calon jamaah haji. Kegiatan ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 15 tahun 2016 tentang istilah kesehatan Jemaah Haji.

Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah, membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tahap pertama tersebut. Sekitar 200 orang calon jamaah kut serta dalam sosialisasi tahap pertama ini. Hermansyah tekankan kepada calon jamaah haji mempersiapkan diri agar dapat menjalani ibadah dengan lancar dengan menjaga kesehatan, terutama dalam cuaca yang cukup ekstrim di tanah suci nanti.

“beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah pencegahan terhadap penyakit menular serta memaksimalkan peran masyarakat dalam menjaga kesehatannya baik sesaat sebelum menunaikan ibadah haji maupun setelah pulang dar tanah suci.” Ungkap Hermansyah dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula Dinkes Kota Banjarmasin, Rabu (05/04)

Dari 799 orang calon jamaah haji, baru 749 orang yang telah menjalani pemeriksaan pertama, hal ini seperti yang telah disampaikan dr. Anis Suroyo, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

“Hanya 176 jammah tyang di kategorikan dalam keadaan sehat tanpa satu pun penyakit yang diderita” ujar beliau.

Dr. Yusharmen, Ketua Komite Ahli Kesehatan Haji Nasional RI, juga menambahkan kegiatan ini guna menyempurnakan iistiqomah bagi para calon jemaah.

“Para calon jamaah haji tak hanya mengerti secara materi, tetapi juga harus sehat secara fisik dan mental, sehingga memiliki kesiapan yang matang dalam melaksanakan seluruh tahapan ibadah haji sampai tuntas.” terang beliau(Humpro-Bjm)


Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 16%
Baik 64%
Cukup 13%
Kurang 7%