SEMINAR IMPLEMENTASI PERDA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN NOMOR 3 TAHUN 2009 TENTANG PENDIDIKAN AL QUR’AN.

Bagian Layanan Pengadaan
image1

Bagian Kesra Setdako Banjarmasin menyelenggarakan Seminar dengan Tema “Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pendidikan Al Qur’an” di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin Kamis, 26 Mei 2016. Hadir pada acara ini Staf Ahli Pemerintahan drh. Rusmin Ardhalewa, MS, Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan DR. Amka, M.Si, Ketua MUI Kota Banjarmasin Drs. H. Murjani Sani, M.Ag, Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Prof. Dr. Ahmadi Hasan, MH, Kepala Bagian Kesra Setdako Banjarmasin Drs. Nortajidi, MM, Pengurus MUI Kota Banjarmasin dan Pengajar Muatan Lokal (Al Qur’an) se Kota Banjarmasin Seminar ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan Majelis Ulama (MUI) Kota Banjarmasin.

Latar belakang diangkatnya masalah ini antara lain : (1) Kalimantan Selatan memiliki Peraturan Daerah tentang Pendidikan Al Qur’an yaitu Perda Nomor 3 Tahun 2009. Bagaimana realisasinya di lapangan ditinjau dari aspek yuridis dan implementasi, belum banyak diketahui masyarakat terutama oleh pemerhati Al Qur’an di Kota Banjarmasin. (2) Apa saja faktor pendukung dan kendala yang dihadapi dalam penerapannya di lapangan. (3) MUI Kota selalu diundang menghadiri Khataman Al Qur’an Tingkat SD, SMP dan SMA yang memenuhi ruang induk mesjid tersebut. (4) Bagi yang khatam diberi sertifikat yang bisa menjadi salah satu syarat diterima-tidaknya di jenjang pendidikan di atasnya. Hal ini akan memotivasi siswa belajar membaca Al Qur’an sampai khatam.

            Narasumber seminar ini : Prof. Dr. Ahmadi Hasan, MH dengan materi “Mengkritisi Perda Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pendidikan Al Qur’an (Tinjauan Aspek Yurudis)” dan DR. Amka, M.Si dengan materi “Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pendidikan Al Qur’an”.

            Seminar Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pendidikan Al Qur’an ini dihadiri 100 orang peserta, yang terdiri : 20 orang dari pengurus MUI Kota Banjarmasin dan 80 orang pengajar Muatan Lokal (Al Qur’an) di SD, SMP dan SMA.

            Dalam sambutan Walikota Banjarmasin yang dibacakan oleh Staf Ahli Pemerintahan drh. Rusmin Ardhalewa, MS, menyampaikan bahwa dasar pemikiran dibuatnya Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pendidikan Al Qur’an bagi peserta didik yang beragama Islam pada semua jalur dan jenjang pendidikan dasar dan menengah tidak terpisahkan dengan kehidupan masyarakat Kalimantan Selatan yang religius. Bertujuan agar setiap peserta didik selain dapat membaca dan menulis huruf-huruf Al Qur’an secara baik dan benar juga fasih, memahami, menghayati serta mengamalkan isi kandungan Al Qur’an.

            Ibnu Sina berharap Perda ini sebagai upaya strategis Pemerintah Daerah khususnya di Kota Banjarmasin dalam rangka mendorong terwujudnya generasi islami yang beriman, cerdas dan berakhlak mulia.

            Sambutan diakhiri dengan Pembukaan secara resmi Seminar dengan Tema Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 3 Tahun 2009 tentang Pendidikan Al Qur’an oleh Staf Ahli Pemerintahan drh. Rusmin Ardhalewa, MS.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 21%
Baik 55%
Cukup 17%
Kurang 6%