SOSIALISASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN PERSAMPAHAN DAN PERUBAHAN PERDA RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN

Bagian Layanan Pengadaan
image1

Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Persampahan dan Sosialisasi Perubahan Perda Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan. di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin, Rabu 25 Mei 2016. Hadir pada acara ini Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Ichwan Noor Chalik, M.Si, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdako Banjarmasin Drs. Muhammad Amin, MT, Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin Mulyadi Makmur, SKPD terkait, Lurah se Kota Banjarmasin, PDAM Bandarmasih, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan Dunia Usaha.

Dalam sambutan Walikota Banjarmasin yang dibacakan oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Ichwan Noor Chalik, M.Si, menyampaikan bahwa prinsip dasar pengelolaan sampah yang ramah lingkungan adalah harus diawali oleh perubahan cara kita memandang dan memperlakukan sampah. Paradigma sampah yang bertumpu pada pendekatan akhir sudah saatnya ditinggalkan dan diganti dengan paradigma baru yang memandang sampah sebagai sumber daya yang mempunyai nilai ekonomis dan dapat dimanfaatkan.

            Beliau berharap masyarakat memiliki peranan yang sangat penting untuk mengelola sampah di lingkungan pemukimannya sendiri.

            “Keikutsertaan masyarakat dalam mengelola sampah akan mempermudah penanganan sampah pada skala kota dan ikut serta menurunkan beban pengelolaan sampah di TPS-TPS Kota Banjarmasin” ujar Ibnu Sina.

            Tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah : sedini mungkin memberikan informasi kepada masyarakat akan pentingnya pengelolaan persampahan yang dimulai dari sumbernya yaitu pemukiman, tempat usaha dan rumah tangga. Memberikan pemahaman kepada masyarakat akan perubahan Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2015 yang kesemuanya itu akhirnya diharapkan dapat meningkatkan layanan dan pelayanan kebersihan dan persampahan di Kota Banjarmasin.

            Peserta sosialisasi berasal dari perwakilan Kecamatan, Kelurahan, Dunia Usaha dan Kelompok Swadaya Masyarakat se Kota Banjarmasin.

            Narasumber Sosialisasi Kebijakan Pengelolaan Persampahan dan Sosialisasi Perubahan Perda Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan yaitu : Heri Safanur dari Satker PPLP Provinsi Kalimantan Selatan, Farida dari PDAM Bandarmasih, dan Mulyadi Makmur dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Banjarmasin.

Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 21%
Baik 55%
Cukup 17%
Kurang 6%