Kepala OPD Buka Puasa Bareng Walikota

Bagian Humas dan Protokol
image1

BANJARMASIN - Menjelang hari raya Idul Fitri 1438 H yang tinggal beberapa hari lagi, sejumlah acara mulai memadati agenda kegiatan pimpinan daerah Kota Banjarmasin. Bila sebelumnya, Wakil Walikota Banjarmasin menggelar acara Buka Puasa Bersama Masyarakat, kini giliran Walikota Bnajarmasin Ibnu Sina menggelar acara berbuka puasa dengan seluruh pimpinan OPD lingkup Pemko Banjarmasin, Alim Ulama, Tokoh Masyarakat, Forkopimda dan para pemuda rumah kreatif.

Dihadapan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah dan isri Hj Siti Fatimah serta Ketua DPRD Kalsel Iwan Rusmali itu, Ibnu Sina, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kedatangan para undangan dan memohon maafnya bila selama bulan Ramadan dan dalam pergaulan ada kesalahan dan kehilafan yang disengaja maupun tidak sengaja yang dilakukannya.

Tak hanya itu, dalam acara yang dihadirin juga oleh Pimpinan Majelis Rasulullah, Habib Nabil, dari Jakarta, orang nomor satu di Kota berjuluk seribu sungai ini membeberkan, rencana keberangkatannya ke tanah suci mekkah pada tanggal 29 Juli nanti untuk menunaikan rukun Islam ke lima. “Mohon doa restunya, karena kami sekeluarga akan berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Rencanannya, kami akan berangkat pada tanggal 29 Juli. Mudah-mudahan keberangkatan kami ini diberikan kemudahan, sehingga ketika kami kembali ke Banjarmasin juga dalam keadaan sehat,” ucapnya, Sabtu (17/06).

Kegiatan buka puasa bersama yang dipusatkan di halaman belakang rumah jabatan Walikota itu, menghadirikan juara ketiga MTQ Internasional di Istambul, Turkey, yang merupakan qori asli putra kota seribu sungai, Muhammad Rizqon. Menurut Ibnu Sina, Rizqon merupakan contoh anak muda yang berprestasi dan mengharumkan nama Kalsel khususnya Kota Banjarmasin. “Dia sengaja kita tampilkan di acara ini sehingga kita bisa menimbulkan spiritnya,” terangnya.

Hal lain yang juga disampaikan suami Hj Siti Wasilah ini saat itu tentang kegiatan pimpinan daerah di hari raya Idul Fitri 1438 h nanti. Katanya, kegiatan open houses jajaran pimpinan Kota Banjarmasin akan digelar di Balai Kota Banjarmasin. Dalam acara tersebut, seluruh pimpin OPD lingkup Pemko Banjarmasin akan hadir, sehingga sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat langsung bersilaturahim. “Kita open houses di Balai Kota. Jadi silakan masing-masing solat ied, setelah itu kita semua kumpul di Balai Kota. Kalau saya akan jadi khatib dalam solat ied di Masjid Mujahiddin, Jalan Belitung. Siapa yang mau ikut saya silakan, setelah itu kita sama-sama ke Balai Kota,” jelasnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, penggunaan mobil dinas untuk acara keluarga di hari raya selalu menjadi sorotan publik. Untuk itu, Ibnu Sina menghimbau, saat hari raya Idul Fitri 1438 H nanti, semua pejabat Pemko Banjarmasin yang mendapat fasilitas mobil dinas dilarang menggunakannya, apalagi sampai dibawa keluar daerah. “Kami menghimbau untuk tidak menggunakan mobil dinas. Tapi pejabat Pemko banyak di Banjarmasin paling jauh mereka bepergian ke Kota Banjarbaru, jadi masih dalam batas toleransi,” imbaunya.

Saat hari raya Idul Fitri nanti, jelas Ibnu Sina lagi, pelayanan kesehatan dan pelayanan keamanan tidak ada libur. Mereka, terangnya lagi, tetap bekerja melayanai masyarakat seperti biasa. Pelayanan kesehatan dasar di Puskesma dan rumah sakit saat Idul Fitri nanti tidak ada libur. Mereka akan bekerja melayani masyarakat secara bergantian,” ujarnya.

Terkait fenomena setiap bulan Ramadan dimana banyak dijumpai para gelandangan, pengemis, manusia gerobak, serta gangguan Kamtibmas berupa pencurian dan perampokan. Pria yang telah dikaruniai 4 orang putra ini kembali menyatakan, banyaknya gelandangan, pengemis dan manusia gerobak saat ramadan dan menjelang hari raya Idul Fitri itu merupakan sebuah modus yang terjadi hampir setiap tahun. Untuk itu, iya mengharapkan adanya perhatiandari semua pihak terkait untuk penanganan masalah tersebut. “Syukur di bulan Ramadan ini petasan dan kembang api tidak ada. Ini merupakan sebuah langkah antisipasi yang baik dari aparat keamanan, walaupun ada kejadian lain seperti pencurian dan perampokan, tapi semua itu juga sudah ditangani aparat kepolisian. Untuk itu saya imbau, mari sama-sama kita jaga lingkungan, jaga rumah masing-masing, antisipasi juga kebakaran dengan memastikan bila meninggalkan rumah semua dalam keadaam aman,” pungkasnya.(humpro-bjm)

 


Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 22%
Baik 55%
Cukup 17%
Kurang 6%