ASN Wajib Iva Test

Bagian Humas dan Protokol
image1

BANJARMASIN – Tak lama lagi Pemko Banjarmasin akan memberlakukan aturan baru tentang kewajiban bagi para ASN wanita lingkup Pemko Banjarmasin, untuk melakukan pemeriksaan Iva Test.

Pemberlakukan aturan tersebut dimaksudkan untuk mensukseskan program pemerintah pusat yang menginginkan seluruh wanita Indonesia terhindar dari penyakit kanker mulut rahim. “Nanti akan dibuatkan surat dari Sekda Kota Banjarmasin tentang kewajiban bagi ASN wanita untuk melakukan pemeriksaan Iva test. Program ini bukan untuk pemerintah, tetapi untuk wanita dengan tujuan agar para wanita mendapat manfaat dari pemeriksaan ini,” ujar Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, memberikan arahannya dalam kegiatan HUT IBI dan hari Bidan se Dunia serta pencanangan TRIASA, di Puskesmas Pekauman, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Rabu (05/06).

Di Kota Banjarmasin, terang istri Walikota Bajarmasin Ibnu Sina ini lagi, pemeriksaan Iva Test tidak dipungut biaya. Karenanya, lanjutnya, TP PKK Kota Banjarmasin mengajak seluruh wanita di Kota Banjarmasin untuk memeriksakan diri, sehingga mereka mendapat kepastian sehat dan dapat melahirkan calon generasi bangsa yang sehat. “Pemeriksaan Iva test ini didukung oleh Pemko Banjarmasin dan gratis. Semua lapisan masyarakat bisa melakukan pemeriksaan. Mudah-mudahan para ibu-ibu berkenan memeriksakan diri,” katanya.

Menyinggung tentang peran IBI dalam menyehatkan masyarakat, Hj Siti wasilah kembali menjelaskan, seorang bidan merupakan penjuang kemanusian yang selalu siap meluangkan waktunya untuk membantu masyarakat khususnya para ibu-ibu.

Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua II TP PKK Kota Banjarmasin Hj Aneta Olpah itu, Ketua Ikatan Bidan Cabang Kota Banjarmasin, Nur Tjahaya juga menjelaskan, di seluruh Indonesia, pemeriksaan Iva Tes terhadap para wanita ditargetkan bisa mencapai angka 31.104 orang. “pemeriksaan Iva test itu sangat penting. Jadi saya harapkan para ibu-ibu jangan sampai tidak memeriksakan diri, dan pemeriksaannya harus berkelanjutan,” jelasnya.

IBI Kota Banjarmasin, tegasnya lagi, siap mengawal para wanita Kota Banjarmasin agar terhindar dari penyakit  kanker mulut rahim.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Banjarmasin dr Anis Suroyo juga menerangkan, pemeriksaan Iva Test dapat dilakukan diseluruh Puskesmas yang ada di kota ini. “Di Kota Banjarmasin terdapat 26 unit Puskesmas yang dapat melakukan pemeriksaan Iva Test. Penyakit kanker mulut rahim, merupakan penyebab kematian nomor 2 bagi para wanita di Indonesia,” ucapnya.

Anis Suroyo juga menghibau agar para wanita di Kota Banjarmasin tidak perlu takut untuk memeriksakan diri. “Pemeriksaan Iva Test ini dilakukan bagi para wanita yang sudah menikah hingga umur 50 tahun. Saya menghimbau agar para ibu-ibu jangan takut untuk memeriksakan diri,” imbaunya.

Kegiatan yang dihadiri para anggota TP PKK Kota Bajarmasin, para Bidan dan masyarakat itu, juga dirangkai dengan menyerahan kartu pemeriksaan gratis kepada masyarakat dan kartu deteksi dini kanker serviks

Di Kota Banjarmasin, lanjutnya, Pemeriksaan Iva Test bisa dilaksanakan di dua tempat yakni di Puskesmas Pekauman dan Puskesmas Alalak Selatan, dengan target 151 orang pasien.(humpro-bjm)


Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 22%
Baik 55%
Cukup 17%
Kurang 6%