5 KKB, KB Akhirnya Terbentuk

Bagian Humas dan Protokol
image1

BANJARMASIN – Niat Pemko Banjarmasin untuk membentuk Kampung KB, Kampung Baiman (KKB-KB) tahun 2017 di lima kecamatan yang ada di Kota Banjarmasin akhirnya tuntas. Untuk itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina berpesan agar di kampung tersebut nantinya dapat melaksanakan pembangunan sesuai visi dan misi Pemko Banjarmasin. “Saya minta kampung ini bisa memprioritaskan pembangunan seperti pengetasan buta aksara, pembangunan kesehatan, kemudian tertib administrasi kependudukan dan program gerakan usaha lainnya,” ujarnya,saat menyampaikan sambutannya dalam pencanangan Kampung KB< Kampun Baiman di Keluarahan Pelambuan, RT 67, 68, 69, 70, dan 71, Kecamatan Banjarmasin Barat, Jumat (07/07).

Dijelaskannya, program Kampung KB, Kampung Baiman tidak hanya memprioritaskan program keluarga berencana saja, tetapi semua sektor pembangunan akan diusahakan dapat dilaksanakan di kampung tersebut.

Karenanya tak salah bila orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini pun berharap, lima buah kampung KB, Kampung Baiman tersebut juga bisa memadukan program pembangunan bersama-sama seluruh komponen masyarakat. “Program Kampung KB, Kampung Baiman merupakan sebuah keterpaduan program pembangunan, jadi tidak hanya KB. Mulai dari kesehatan hingga pembangunan pemukiman juga masuk dalam program kampung ini. Mari bersama-sama kita laksanakan pembangunan tersebut. Dan saya juga sangat berterima kasih kepada masyarakat yang bersedia kampungnya dijadikan Kampung KB, Kampung Baiman,” katanya.

Intinya, lanjut Ibnu Sina, pembentukan Kampung KB, Kampung Baiman ini bertujuan memadukan semua program pembangunan untuk mewujudkan Banjarmasin Barasih wan Nyaman (Baiman). “Jadi yang dimaksud barasih itu, barasih lingkungan kita, barasih sungai kita, barasih jalanan dan barasih hati kita. Sedangkan nyaman itu, nyaman beusaha, nyaman berurusan, nyaman mendapatkan pelayanan kesehatan dan lainya,” pungkasnya.

Hal senada juga diucapkan Kepala Dinas KB dan Pengendalian Penduduk, Wadyan. Katanya, di Kampung KB, Kampung Baiman pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya tentang KB, tetapi untuk semua capaian target pembangunan Kota Banjarmasin. “Mudah-mudahan dengan adanya kampung ini akan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujarnya.

Diharapkan, lanjutnya, pembangunan disegala bidang di kampung tersebut mendapat dukungan dari seluruh komponen masyarakat, sehingga capaian target pembangunan dapat berjalan maksimal.

Untuk diketahui, setelah dilaksanakannya pencanangan Kampung KB di kawasan Sungai Andai Banjarmasi di tahun 2016 lalu, Pemko Banjarmasin menindaklanjuti program pemerintah pusat itu dengan melaksanakan pembentukan dan pencanangan Kampung KB, Kampung Baiman di setiap kecamatan yang ada di Bumi Kayuh Baimbai ini. Dan sejak awal tahun 2017 tadi, Pemko Banjarmasin TELAH melaunching Kampung KB, Kampung Baiman di kawasan Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Sesuai dengan target capaian kinerja yang telah ditetapkan, maka sejak awal Bulan Juli 2017 Pemko Banjarmasin kembali mencanangkan 4 Kampung KB, Kampung Baiman, di Kelurahan Tanjung Pagar, Kecamatan Banjarmasin Selatan. Kemudian di Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Tengah. Selanjutnya di Kelurahan Karang Mekar, Kecamatan Banjarmasin Timur, dan terakhir di Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat.(humpro-bjm)

 


Polling

Bagimana menurut anda Website Pemko Banjarmasin ?



Hasil Polling

Sangat Baik 22%
Baik 55%
Cukup 17%
Kurang 6%