Banjarmasin Trade Expo dan Tourism 2016 merupakan kerjasama Pemerintah Kota Banjarmasin dengan PT. Putra Rafi Kreasi sebagai Event Organizer (EO). Diikuti oleh 63 stand yang terdiri dari berbagai dunia usaha, diantaranya dari Pemko Surabaya, kabupaten Hulu Sungai Utara, Perbankan, dan beberapa SKPD serta usaha-usaha lainnya.

            Banjarmasin Trade Expo dan Tourism 2016 dilaksanakan Tanggal 20-25 September 2016, dan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-490 Kota Banjarmasin Tahun 2016.

            Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pameran Dagang ini merupakan upaya untuk memperkenalkan potensi daerah dari segi kekayaan atau pun cultur/budaya daerah “ ini merupakan usaha dan upaya guna menyukseskan visi dan Misi Kota Banjarmasin sebagai Kota Baiman dengan membuka kesempatan bagi masyarakat dalam membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat, serta event ini merupakan media promosi untuk menarik investor untuk pengembangan usaha produk lokal dan meningkatkan perekonomian daerah”. Ujar Hermasyah.

            Banjarmasin Trade Expo and Tourism 2016 yang ke-9 resmi dibuka oleh Wakil Walikota Banjarmasin. ditandai dengan pemukulan Gong oleh Wakil Walikota di dampingi oleh Sekda dan Forkompinda serta pemotongan Pita oleh Wakil TPKK Hj. Siti Fatimah Hermansyah.

Wakil Walikota beserta rombongan berkeliling meninjau stand-stand yang terdapat pada expo tersebut. Dalam rangkaian acara pembukaan tersebut akan dilaksanakan Obras bersama Walikota Banjarmasin dan kegiatan kesenian lainnya seperti Fhasion show, Tarian dan lomba kesenian musik.