Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Banjarmasin menyelenggarakan Wisuda Akbar ke-XXIX Santri TK-TP Al Qur’an Kota Banjarmasin di Panggung Siring Balai Kota Banjarmasin, Senin 26 September 2016.

            Hadir pada acara ini Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si, Med, yang mewakili Kejaksaan Kalimantan Selatan M. Ali Said, Ketua II DPP BKPRMI Pusat Drs. Ahmad Rizqon, M.Pd.I dan Penasihat DPP BKPRMI Pusat, Ketua DPD BKPRMI Kota Banjarmasin Drs. M. Yusrin, Kepala Pengadilan Tinggi Agama Kota Banjarmasin Drs. H.M. Said Munji, SH, Ketua DPW BKPRMI Kota Samarinda Sabran, yang mewakili Kepala Kementerian Agama RI Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin H. Sofrayani, M.Pd.I, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Hamli Kursani, M.Si, Ketua MUI Kota Banjarmasin Drs. H. Murjani Sani, M.Ag, Para Asisten, Plt. Kepala Bagian Kesra Setdako Banjarmasin Drs. H. Khairil Hidayat, M.Si, yang mewakili Pimpinan Media, SKPD terkait Pemerintah Kota Banjarmasin, Para Camat, Jajaran LPTQ-BKPRMI Kota Banjarmasin dan Santri TK/TP Al Qur’an Se Kota Banjarmasin.

            Wisuda Akbar ke-XXIX Santri TK-TP Al Qur’an Kota Banjarmasin yang dirangkai dalam rangka Hari Jadi ke-490 Kota Banjarmasin ini diikuti 1160 santri dari BKPRMI dan FSU (Forum Silaturahmi Ustad/Ustadzah) LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Kota Banjarmasin. Dan merupakan kegiatan puncak dari berbagai tahapan kegiatan yang diikuti para santri mulai khataman Al Qur’an di TK/TPA di unit masing-masing, mengikuti evaluasi kemampuan para santri dalam penguasaan Al Qur’an dan dinyatakan lulus, untuk kemudian mengikuti wisuda.

            Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dalam sambutannnya menyampaikan selamat kepada santri-santriwati yang mengikuti wisuda pada hari ini. Mudah-mudahan memotivasi kita semua untuk terus mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

            “Ada pesan yang ingin kami sampaikan : Pertama, Teruslah membaca Al Qur’an dan mempelajarinya. Kedua, Memahami isi kandungannya sehingga menimbulkan rasa cinta kepada Al Qur’an. Ketiga, Mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Keempat, sabar dalam menjalankan perintah Al Qur’an dan Kelima, Menyampaikan/Menyebarkan/ Mendakwahkan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-sehari diseluruh bidang kehidupan.

            Pada kesempatan ini para santri mengucapkan ikrar didepan Walikota, Wakil Walikota Banjarmasin dan para hadirin. Setelah itu dilakukan Pengukuhan Pembina LPPTKA-BKPRMI Kota Banjarmasin kepadadr. Siti Wasilah, M.Si, Med oleh Ketua II DPP BKPRMI Pusat Drs. Ahmad Rizqon, M.Pd.I dan Penyematan Pin Pengukuhan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

            Dilanjutkan Penyerahan Penghargaan kepada Wisudawan-Wisudawati Terbaik dari 5 Kecamatan Se Kota Banjarmasin.

            Kegiatan diakhiri dengan Prosesi Akbar Wisuda ke-XXIX Santri TK-TP Al Qur’an Kota Banjarmasin oleh Walikota Banjarmasin didampingi Pembina LPPTKA-BKPRMI Kota Banjarmasin kepada dr. Siti Wasilah, M.Si, Med dan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah.

            Sebelumnya pada hari yang sama Walikota Banjarmasin mencanangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMAN 7 Banjarmasin bagi Guru, Orang Tua/Wali, Komite Sekolah dan Sekolah Imbas di SMAN 7 Banjarmasin.

            Turut hadir pada acara ini Jajaran Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Plt. Kepala SMAN 7 Banjarmasin Arusliadi, M.Pd, FKPD, Camat Banjarmasin Timur Ina Yuliani, S.Sos, M.Si, M.IP, SKPD terkait Pemerintah Kota Banjarmasin dan siswa-siswi SMAN 7 Banjarmasin.

            Sekolah sebagai pusat kebudayaan mempresentasikan sebuah miniatur masyarakat. Hal ini berarti bahwa sebuah sekolah akan memiliki nilai-nilai, norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, sikap atau tindakan yang ditujukan oleh seluruh warga sekolah.

            Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMAN 7 Banjarmasin ini mengusung motto “Buka Dunia Dengan Baca”.

            Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan agar tradisi membaca dan menulis  terus dikembangkan. Pemerintah Kota Banjarmasin mendukung para guru dan siswa untuk bisa menghasilkan karya tulis, buku-buku yang diterbitkan.

            Gerakan Literasi Sekolah (GLS) SMAN 7 Banjarmasin secara resmi dicanangkan dengan pemukulan gong oleh Walikota Banjarmasin.

            Pada kesempatan ini dilakukan penyematan pin “Buka Dunia Dengan Baca” oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina kepada perwakilan siswa dan guru. humas