Puncak Peringatan Hari Jadi ke-490 Kota Banjarmasin Tahun 2016 diselenggarakan di Siring Balai Kota Banjarmasin, Sabtu 24 September 2016.

            Acara yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor beserta Isteri Raudatul Jannah, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina beserta Isteri dr. Siti Wasilah, M.Si, Med, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah beserta Isteri Hj. Siti Fatimah, Anggota DPR RI Aboe Bakar Al Habsy, Anggota DPD RI Drs. Sofwat Hadi, SH, Kepala Arsip Nasional RI (ANRI) Dr. Mustari Irawan, MPA, Konjend RI di Penang Taufik Rodhy, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan Muhammad Masykur, Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, SH, MH dan Anggota DPRD Kota Banjarmasin, Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Ketua Ombudsman Perwakilan Kalimantan Selatan Nurkholis Majid, FKPD dan Instansi Vertikal Kota Banjarmasin, Walikota/Bupati Se Kalimantan Selatan, Mantan Penjabat Walikota Banjarmasin Drs. H.M. Thamrin, M.Si, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si beserta Isteri Aneta Olpah, S.Ag, Para Asisten, Kepala SKPD Pemerintah Kota Banjarmasin, Mantan Walikota/Wakil Walikota/Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Para Camat dan Lurah se Kota Banjarmasin, Pimpinan BUMN dan Perusahaan Daerah dan Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

            Peringatan Hari Jadi ke-490 Kota Banjarmasin Tahun 2016 mengusung tema “Kayuh Baimbai Mawujutakan Kota Banjarmasin Barasih Wan Nyaman”.

            Acara Peringatan Hari Jadi ke-490 Kota Banjarmasin Tahun 2016 diawali dengan penyerahan piagam kepada Pembayar Pajak Terbaik dan Notaris Terbaik, Lomba Bersih-Bersih Sungai Kota Banjarmasin, dan Penyerahan Penghargaan Anugerah Seni dari Pemerintah Kota Banjarmasin Tahun 2016.

            Dilanjutkan pembacaan sejarah singkat Kota Banjarmasin oleh Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, SH, MH.

            Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dalam sambutannya yang didampingi Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menyampaikan bahwa diusia yang ke 490 tahun, hampir 5 abad Kota Banjarmasin terus berbenah diri sebagai kota tua dengan beragam persoalannya. Banjarmasin sudah ditetakan sebagai kota sungai pintu gerbang Ekonomi Kalimantan 2025.

            Dengan tidak meninggalkan karakteristik daerah, serta budaya dan kearifan lokal, kami terus memfokuskan Enam Pilar Utama Pembangunan Banjarmain Baiman, yang diintegrasikan, antara lain : Pilar Banjarmasin Bertakwa, Pilar Banjarmasin Aman, Pilar Banjarmasin Indah, Pilar Banjarmasin Maju, Pilar Banjarmasin Amanah, dan Pilar Banjarmasin Nyaman.

            “Enam langkah strategis tersebut, harus diintegrasikan dan menjadi prioritas pembangunan kami selama lima tahun mendatang”, ujar Ibnu Sina.

            Kemudian dalam sambutan Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor menyampaikan ucapan Selamat Memperingati Hari Jadi ke-490 Kota Banjarmasin Tahun 2016, semoga menjadi hari yang bermakna untuk kita hayati dan syukuri sekaligus sebagai tonggak untuk melanjutkan pembangunan Kota Banjarmasin agar lebih maju dan sejahtera.

            “Apapun pengalaman yang dirasakan Pemerintah dan masyarakat Kota Banjarmasin, hendaknya selalu optimis untuk membangun kota ini menjadi kota yang memberikan penghidupan yang nyaman bagi semuanya, termasuk kenyamanan lingkungan hidup dan tata kota yang teratur”, ujar Sahbirin Noor.

            Pada Peringatan Hari Jadi ke-490 Kota Banjarmasin Tahun 2016  ini ditampilkan Tarian Kolosal dari berbagai daerah, pembacaan Surat untuk Walikota oleh pemenang lomba menulis surat untuk Walikota yaitu Luqyana dari SMAN 1 Banjarmasin, atraksi Kuntau yang merupakan Binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin, Vocal Grup PGRI Kota Banjarmasin, lagu-lagu dari Tomi Fals, dan Penampilan pawai budaya 33 etnis dan karnaval.

            Rangkaian kegiatan dalam Puncak Peringatan Hari Jadi ke-490 Kota Banjarmasin Tahun 2016 sebagai berikut :

1. Penyerahan Buku Citra Daerah Kota Banjarmasin oleh Kepala Arsip Negara Republik Indonesia (ANRI) Dr. Mustari Irawan, MPA kepada Walikota Banjarmasin.

2. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Walikota Semarang Hendrar Prihadi.

3. Penandatanganan MoU antara Walikota Banjarmasin, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Selatan dan Ombudsman Perwakilan Kalimantan Selatan.

4. Penandatanganan MoU antara PDAM Bandarmasin dengan PT Pancuran Kaapit Sendang.

5. Penandatanganan Komitmen Bersama Gerakan Aksi 100-0-100 Kota Banjarmasin Menuju Kota tanpa Kumuh Tahun 2019 yang akan di tandatangani oleh Gubernur Kalimantan Selatan, Walikota Banjarmaasin, Wakil Walikota Banjarmasin dan Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin.