Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mencanangkan Bakti Sosial TNI-KB-Kesehatan Terpadu dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XIII Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2016 pada Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) XXIII Kota Banjarmasin Tahun 2016 di Siring Balai Kota Banjarmasin, Kamis 6 Oktober 2016.

            Turut hadir pada acara ini Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si, Med, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah beserta Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj. Siti Fatimah, Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, SH, MH, Kepala BKBPMP Kota Banjarmasin Drs. Madyan, M.Si, FKPD dan Instansi Vertikal, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si beserta Ketua Dharma Wanita Persatuan Hj. Aneta Olpah, Para Staf Ahli dan Asisten, Kepala SKPD terkait, Para Camat, Lurah dan Ketua RT, RW, Dewan Kelurahan, Jajaran Kodim dan Persit, dan Kader KB-PKK-Posyandu Se Kota Banjarmasin.

            Peringatan HARGANAS ke XXIII Kota Banjarmasin Tahun 2016 mengusung tema “Hari Keluarga Nasional Merupakan Momentum Upaya Membangun Karakter Bangsa Mewujudkan Indonesia Sejahtera“.

            Adapun Pencanangan Bakti Sosial TNI-KB-Kesehatan Terpadu Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2016 mengusung tema “Percepatan Revitalisasi Program KB Melalui Bakti Sosial Kerjasama Pemerintah Kota Banjarmasin Dengan Tema”

            Dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-XIII Tingkat Kota Banjarmasin Tahun 2016 mengusung tema “Dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII Kita Gelorakan Kerja Gotong Royong Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan Masyarakat”.

            Dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah :

1. Kerjasama BKKBN dengan TP PKK tentang Panduan  Penyelenggaraan Peringatan Harganas Tahun 2016.

2. Surat Menteri Dalam Negeri RI Nomor 411/1100/PMD   Tanggal 13 Pebruari 2016 tentang Pelaksanaan Acara   Puncak Peringatan Bulan Bakti Gotong Royong       Masyarakat ke XIII.

3. Peraturan Bersama Kepala BKKBN dengan Panglima  TNI Nomor 72/PER/G2/2013 Nomor :   KERMA/5/V/2013 Tanggal 7 Mei 2013 tentang       Percepatan Pelaksanaan Revitalisasi Program Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Kerjasama BKKBN dengan TNI.

            Sebagai tindak lanjut dari Peraturan Bersama tersebut di Tingkat Kabupaten/Kota/Provinsi seluruh Indonesia di wajibkan melaksanakan Peringatan Harganas, Bakti Sosial TNI-KB-Kesehatan Terpadu dan BBGRM tersebut.

            Peringatan Harganas, Bakti Sosial TNI-KB-Kesehatan Terpadu dan BBGRM merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan komitmen dan semangat kebersamaan antara TNI dan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam mendukung pelaksanaan pembangunan khususnya di bidang Kependudukan dan KB untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dan berkualitas.

            Dalam sambutannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan bahwa peringatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran kita semua untuk selalu memperbaiki kualitas kehidupan, baik dari sisi gotong royong dan juga kemandirian keluarga sehingga menjadikan keluarga yang tangguh dalam menghadapi berbagai macam tantangan dan persoalan.

            “Keluarga kita adalah segala-galanya. Keluarga kuat negara juga kuat, bangsa kuat pemerintahan juga kuat. Tapi kalau keluarga lemah lahirlah keturunan-keturunan yang lemah dan bangsa itu akan menemui kehancuran”’ ujar Ibnu Sina.

            Pada kesempatan ini dilakukan Penandatangan MoU antara Danramil dengan Kepala UPT KB Kecamatan se Kota Banjarmasin, Penyerahan Hadiah dan Tropy bagi Juara Pertama Pemenang Lomba Program Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera, dan Penyerahan secara simbolis Alat Kebersihan kepada lima kelurahan (Kelurahan Sungai Andai, Kelurahan Karang Mekar, Kelurahan Pekapuran Laut, Kelurahan Teluk Tiram dan Kelurahan Kelayan Tengah) sebagai wakil dari kecamatan se Kota Banjarmasin.

             Pada Rabu Malam, 5 Oktober 2016, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menghadiri Grand Final Nanang Galuh Provinsi Kalimantan Selatan di Grand Mentari Hotel. Kehadiran beliau dalam rangka mengapresiasi kegiatan ini dan memotivasi peserta Nanang Galuh dari Kota Banjarmasin. Pada kesempatan ini Wakil Walikota Banjarmasin menyerahkan Tropi kepada pemenang dan melakukan foto bersama.

             Pada kesempatan lain SKPD terkait Pemerintah Kota Banjarmasin menghadiri Pameran Bali TTI (Tourism Trade Investment) Expo 2016 Tanggal 29 September - 2 Oktober 2016 di Mall Bali Galeria – Bali. Pameran Pariwisata, Perdagangan, dan Investasi berskala Nasional ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Bali dengan PT. Aira Mitra Media. Bali TTI Expo 2016 adalah pameran yang menampilkan dan mempromosikan produk unggulan dari berbagai daerah di Indonesia kepada masyarakat, buyers, dan investor guna meningkatkan volume dan nilai pemasaran produk daerah. Pemerintah Kota Banjarmasin mengikutsertakan komoditi unggulan daerah : Kain Sasirangan, Batu Permata, Asesoris Rumah Tangga, Makanan Ringan dan lain-lain.HUMAS