Hadir pada acara Pembukaan Sosialisasi ini Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin Drs. H. Sofrayani, M.Pd, Kepala Bagian Hukum Setdako Banjarmasin DR. H. Lukman Fadlun, SH, MH, Kepala Kesra Setdako Banjarmasin Muhammad Isa Ansari, SE, M.AP, SKPD terkait Pemko Banjarmasin, SKPD terkait Pemko Banjarmasin dan Peserta Sosialisasi Kepala Sekolah/Guru Agama se Kota Banjarmasin.

            Maksud wajib baca tulis Al Qur’an bagi siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA serta Calon Pengantin yang beragama Islam adalah untuk membentuk Insan Kamil atau Muslim/Muslimah yang paripurna yang mencerminkan ciri-ciri kualitas manusia seutuhnya sebagaimana yang terkandung dalam Al Qur’an.

            Dalam sambutannya Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, semoga berjalan dengan lancar dan baik.

            Di masyarakat kita saat ini, tidak sedikit dari anak-anak kita usia sekolah yang telah tamat SD/MI atau SMP/MTs, serta SMA/SMK/MA dan bahkan calon pengantin yang belum bisa membaca Al Qur’an.

            Dilatarbelakangi pemikiran tersebut, maka Pemerintah Kota Banjarmasin bersama DPRD Kota Banjarmasin pada Tahun 2010 yang lalu telah membuat Peraturan Daerah tentang Wajib Baca Tulis Al Qur’an. Pemerintah Daerah tidak sekedar menghimbau tetapi telah mempunyai dasar hukum untuk menggerakkan dan memotivasi mereka.

            “Sesuai dengan visi dan misi Walikota/Wakil Walikota Banjarmasin terkait Al Qur’an ini, sesegera mungkin akan mengajukan Perda kepada DPRD Kota Banjarmasin berkaitan Magrib Mengaji sebagai acuan bagaimana mengurangi atau menghilangkan kriminalitas yang berhubingan dengan obat-obatan”, ujar Hermansyah

            Sambutan diakhiri Pembukaan secara resmi Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 4 Tahun 2010 tentang Wajib Baca Tulis Al Qur’an bagi Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Siswa Sekolah Mennengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah dan Siswa Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Kejuruan, Serta Calon Pengantin yang Beragama Islam oleh Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah.

            Pembukaan Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 4 Tahun 2010 diakhiri dengan ekspose dan dialog antara para narasumber dengan peserta sosialisasi.

            Narasumber Sosialisasi Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 4 Tahun 2010 tentang Wajib Baca Tulis Al Qur’an bagi Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Siswa Sekolah Mennengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah dan Siswa Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Kejuruan, Serta Calon Pengantin yang Beragama Islam adalah :

1. Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin Drs. H. Sofrayani, M.Pd.

2. Kepala Bagian Hukum Setdako Banjarmasin DR. H. Lukman Fadlun, SH, MH,

Kepala Kesra Setdako Banjarmasin Muhammad Isa Ansari, SE, M.AP. (tie)