Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Keuangan Daerah Terkait Administrasi Pendapatan Daerah/Optimalisasi Potensi Penilaian Pemeriksaan dan Penagihan Pajak Daerah Akuntansi Keuangan Daerah Yang Berbasis Akrual dalam rangka Mewujudkan Aparatur Pengelolaan Keuangan Daerah Yang Profesional dan Akuntabel, Meningkatkan Kualitas Opini LKPD dan Meningkatkan Tax Ratio di Lingkungan Pemrintah Kota Banjarmasin.

          Peserta Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Keuangan Daerah adalah ASN Pemerintah Kota Banjarmasin berjumlah 75 Orang, yang terdiri dari : Penyusun Laporan Keuangan berjumlah 35 Orang, Bendahara Pengeluaran 10 Orang dan BPKAD Kota Banjarmasin 30 Orang.

          Pelaksanaan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Keuangan Daerah dibagi dalam 2 (dua) kelas, yakni Kelas Akuntansi yang dilaksanakan di Aula BKD, Diklat Kota Banjarmasin dan Kelas Dispenda dan Bendahara Penerimaan dilaksanakan di BPKAD Kota Banjarmasin.

          Dalam sambutan Asisten Administrasi Setdako Banjarmasin Drh. Rusmin Ardhalewa, MS, atas nama Walikota Banjarmasin menyampaikan apresiasi kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah yang memfasilitasi dan melaksanakan kegiatan ini, demikian juga kepada tim narasumber Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas kerjasama untuk peningkatan kapasitas keuangan daerah khususnya Pemerintah Kota Banjarmasin.

          “Kepada peserta agar dapat mengikuti bimbingan teknis ini dengan sebaik-baiknya sehingga memberikan hasil yang berarti untuk mewujudkan aparatur pengelolaan keuangan daerah yang profesional dan akuntabel, meningkatkan kualitas opini laporan keuangan Pemerintah Daerah dan meningkatkan pajak daerah”, Ujar Ibnu Sina

          Sambutan diakhiri dengan Pembukaan secara resmi Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Keuangan Daerah Terkait Administrasi Pendapatan Daerah/Optimalisasi Potensi Penilaian Pemeriksaan dan Penagihan Pajak Daerah Akuntansi Keuangan Daerah Yang Berbasis Akrual oleh Asisten Administrasi Setdako Banjarmasin Drh. Rusmin Ardhalewa, MS.

            Narasumber Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Keuangan Daerah adalah :

1.       Aditya Nuryuslam (Direktorat Pembiayaan Kapasitas Keuangan Daerah Kementerian Keuangan RI) dengan materi “Pungutan Pajak Daerah. Sesuai Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak daerah dan Retribusi Daerah”.
2. Tohjaya, SE, MM (Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan RI) dengan materi “Akuntansi Keuangan Daerah”.dengan materi “Peningkatan Ekonomi Perempuan”