Upacara yang berlangsung khidmat ini turut di hadiri Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M,Si, Med dan Hj. Siti Fatimah, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Banjarmasin Aneta Olpah, S.Ag, Para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala SKPD, Camat dan Lurah, Organisasi Kepemudaan, Pelajar serta Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

            Peringatan Sumpah Pemuda Ke-88 Tahun 2016 mengusung tema “Pemuda Indonesia Menatap Dunia”.

            Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi yang dibacakan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan bahwa dalam waktu dekat ini mulai Tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang disebut dengan Bonus Demografi. Dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi yaitu mencapai 64% dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

            Bonus Demografi menjadi windows opportunity (peluang) yang sangat strategis bagi suatu negara untuk melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah yang signifikan.

            Mari kita buktikan dalam sejarah Indonesia, untuk kesekian kalinya pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia. Bonus demografi menjadi kesempatan kita satu-satunya untuk memastikan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia menjadi negara maju sejajar dengan negara-negara besar lainnya. Di depan kita ada MEA dan Perdagangan bebas Asia dan Dunia. Saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia.

            Diakhir sambutan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyemangati para pemuda untuk bangkit.      

            Pada kesempatan ini Perwakilan Organisasi Kepemudaan didampingi pemuda-pemudi berpakaian adat membacakan Ikrar Sumpah Pemuda, juga ditampilkan Atraksi gabungan PBB SMKN 2 Banjamasin dan lagu-lagu kebangsaan.(TIE)