Hadir pada acara ini Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Asisten Ekonomi & Pembangunan Setdako Banjarmasin Drs. Hamdi, M.Si, Dari Fakultas Teknik ULM : Ira Mentayani, Je Heldiansyah, Muhammad I. Saud, Bani NM, Kepala Dinas Kebersihan & Pertamanan Drs. H. Mukhyar, M.AP dan Jajaran Bidang Pertamanan, Kepala Dinas Cipta Karya & Perumahan Ir. H. Ahmad Fanani Saifuddin, MT, Kepala Dinas Sumber Daya Air & Drainase Ir. Muryanta, MT, Kabid. Dishubkominfo Kota Banjarmasin, SKPD terkait dan Para Camat Kota Banjarmasin.

            Ekspose ini merupakan laporan akhir/kemajuan pekerjaan perencanaan desain taman bantaran sungai Veteran Kota Banjarmasin.

            Desain Bantaran Sungai Veteran terbagi tiga aspek yakni :

(1) Desain Kawasan, China Town dan Kampung Banjar. Deliniasi Kawasan Perencanaan terbagi Tiga Tema : Pecinan, Akulturasi dan Kampung Banjar.

      Tema Pecinan, meliputi : Segmen Pertama, Kepala Naga, Segmen Kedua, Urban Farming, Segmen Ketiga, Akulturasi dan Segmen Keempat, Technopark. Tema Kampung Banjar, meliputi : Pocket Space, dan Kampung Terapung.

(2)  Program Pembangunan, meliputi : Infrastruktur, Toolbox, Green, Utility, Pocket Space dan Future Development.

(3) Konsep Skematik Desain, terdiri atas : Segmen Koridor dan Layer. (tie)

 

          Dalam arahannya Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan bahwa secara umum konsep akulturasi sebagai sebuah upaya memilih tema untuk kawasan veteran. Di bagian depan, kepala naga sangat identik dengan kultur china, makin ke belakang ciri kebanjaran agar diperkuat. Dan arah Sungai Lulut kawasan pasar terapung yang diidentikkan dengan rumah banjar.

         “Semoga konsep yang telah disampaikan sesuai dengan keinginan masyarakat Kota Banjarmasin”, ujar Ibnu Sina.

            Pada kesempatan ini dari Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat, Muhammad I. Saud dan Bani NM, melakukan ekspose  kemajuan pekerjaan Perencanaan Desain Taman Bantaran Sungai Veteran Kota Banjarmasin dan dialog dengan Walikota Banjarmasin dan SKPD terkait Pemerintah Kota Banjarmasin.