Hadir pada acara ini Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemerintah Kota BanjarmasinDrs. H. Akhmad Husaini, MM, Kepala Unit Pemeriksa BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan Tukino, Kasubag Evaluasi Wilayah I Biro Keuangan Provinsi Kalimantan Selatan Yayan Supiani, SH, M.AP, Kepala Bagian Hukum Setdako Banjarmasin DR. H. Lukman Fadlun, SH, MH, Kepala SKPD terkait, dan Peserta Sosialisasi di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

          Sosialisasi Tata Cara dan Mekanisme Hibah ini dalam rangka tertib administrasi dan terciptanya harmonisasi, stabilisasi, efektifitas serta menjamin partisipasi masyarakat guna memperkuat dukungan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah berkenaan dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka penyusunan, pembahasan dan pemberian Hibah dan Bansos memerlukan pedoman untuk penganggaran dan pelaksanaannya.

          Tujuan dilakukannya sosialisasi ini untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan Pemerintah Daerah dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas dan manfaat untuk masyarakat.

          Dalam sambutan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemerintah Kota Banjarmasin Drs. H. Akhmad Husaini, MM menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini dan kepada narasumber yang berkenan hadir untuk memberikan pencerahan.

         Dengan adanya Peraturan Walikota Nomor 49 Tahun 2015 tersebut tentu menjadi rambu-rambu yang jelas, agar pelaksanaan Hibah dan Bansos dapat berjalan efektif, efisien, terstruktur dan aman.

          “Kepada semua pihak yang berkaitan dengan pemberian Hibah dan Bansos harus menjadikan aturan-aturan tersebut sebagai landasan hukum, baik secara administratif maupun operasionalnya. Juga agar setiap penerima Hibah atau Bansos harus menandatangani Fakta Integritas, yang isinya agar Hibah atau Bansos yang diterima dan digunakan harus sesuai dengan proposal yang disampaikan”, ujar Ibnu Sina.

       Sambutan diakhiri dengan pembukaan secara resmi Sosialisasi Peraturan Walikota Nomor 49 Tahun 2015 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Walikota Banjarmasin Nomor 04 Tahun 2012 tentang Tata Cara Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, PertanggungJawaban dan Pelaporan serta Evaluasi Hibah dan Bantuan Sosial, Belanja Bantuan Bencana Alam dan Bencana Sosial yang Bersumber dari APBD Kota Banjarmasin oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemerintah Kota Banjarmasin Drs. H. Akhmad Husaini, MM.

         Narasumber Sosialisasi Peraturan Walikota Nomor 49 Tahun 2015 terkait Tata Cara dan Mekanisme Hibah adalah :

1.      DR. H. Lukman Fadlun, SH, MH (Kepala Bagian Hukum Setdako Banjarmasin) dengan materi “Aspek Hukum Pemberia  Dana Hibah dan Bansos Kepada Pemda Melalui APBD”.

2.      Tukino (Kepala Unit Pemeriksa BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan).

3.      Yayan Supiani, SH, M.AP (Kasubag Evaluasi Wilayah I Biro Keuangan Provinsi Kalimantan Selatan). (tie)