Temu Kader Posyandu Berintegrasi Se Kota Banjarmasin Tahun 2016 mengusung tema “Kader Giat, Posyandu Meningkat, Ibu Selamat Anak Sehat. Dan diikuti oleh 1000 kader posyandu se Kota Banjarmasin.

       Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengumpulkan seluruh kader posyandu sekaligus memberikan pembinaan dan motivasi bagi kader yang telah bekerja penuh keikhlasan dan sukarela.

      Temu Kader Posyandu Berintegrasi Se Kota Banjarmasin bertepatan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-52 Kota Banjarmasin. Hal ini dimaknai selaras dengan program pemerintah melalui Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin beserta Jajarannya dan Kader Posyandu mengawal Gerakan Masyarakat Menuju Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga, yang dicanangkan pada tanggal 12 November 2016.

    Diharapkan kepada Walikota Banjarmasin, Pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin dan Pemerhati Pembangunan Kota Banjarmasin terus bersemangat mengawal para kader posyandu yang tidak kenal lelah mengajak warga Kota Banjarmasin menuju Indonesia Sehat, menuju Banjarmasin Sehat.

    TP PKK dan Kader Posyandu Kota Banjarmasin bergerak bersama-sama mendukung Pemerintah Kota Banjarmasin Baiman, Banjarmasin Barasih Wan Nyaman.

     Walikota Banjarmasin Ibnu Sina selaku pembina TP PKK menyampaikan apresiasi kepada pihak penyelenggara atas terlaksananya kegiatan ini dan penghargaan kepada seluruh kader Posyandu se Kota Banjarmasin atas dharma baktinya.

         Pembangunan di bidang kesehatan dan gizi sangat memerlukan peran serta aktif semua pihak termasuk kader-kader sebagai ujung tombak untuk suksesnya hal tersebut. Dalam konteks tersebut, maka keberadaan posyandu merupakan wujud peran serta masyarakat terhadap kesehatan dan  gizi, sejalan dengan konsep Posyandu Berintegrasi yaitu Dari Masyarakat, Oleh Masyarakat dan Untuk Masyarakat.

         Kegiatan temu kader posyandu, kami nilai sangat strategis. Melalui temu kader ini akan terjalin komunikasi dan menajdi sarana efektif untuk bertukar pikiran, bertukar informasi terhadap berbagai persoalan dan penyelesaian bagi pembinaan masyarakat dalam rangka peningkatan status kesehatan dan gizi bagi ibu hamil, lansia, ibu menyusui, bayi dan anak balita.

        “Atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin, saya mengharapkan dukungan penuh dari seluruh instansi terkait, serta tidak bosan-bosannya untuk melakukan pembinaan, memfasilitasi program PKK dan Posyandu. Serta dapat memberikan segenap kemampuan secara profesional demi peningkatan kualitas dan status kesehatan dan gizi masyarakat”, ujar Ibnu Sina.

       Diakhir sambutan Walikota Banjarmasin mengajak kader posyandu se Kota Banjarmasin mengucapkan spirit Banjarmasin Bisa, Banjarmasin Barasih Wan Nyaman.

   Pada kesempatan ini Walikota Banjarmasin melakukan Penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara Kantor Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan dengan Pemerintah Kota Banjarmasin tentang Penggunaan Sistem Informasi Kredit Perorangan.

       Selanjutnya, didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si, Med, menyerahkan Penghargaan dan Hadiah kepada para pemenang Lomba Penyuluhan 10 Program Pokok PKK Kota Banjarmasin.

          Diakhir acara pembukaan temu kader ini, Walikota Banjarmasin dan Ketua TP PKK Kota Banjarmasin melakukan dialog kepada kader posyandu dari masing-masing kecamatan.