Hadir pada acara ini Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemerintah Kota Banjarmasin Ir. Doyo Pudjadi, Kepala Bagian Perekonomian Setdako Banjarmasin Drs. Gusti Irwan Mirza, Narasumber : Tatang Supriyatna (Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin) dan Gatot Haryanto (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin), Staf Ahli Bidang Hukum & Politik Pemerintah Kota Banjarmasin Iwan Fitriady, SH, MH, Kepala Bagian Kesra Setdako Banjarmasin Muhammad Isa Ansari, SE, M.AP, SKPD terkait dan Kasi Kelurahan Se Kota Banjarmasin.

        Kegiatan lanjutan yang dilaksanakan oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Banjarmasin ini, bertujuan memberikan pemahaman kepada peserta sosialisasi untuk disampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan dan perbaikan distribusi untuk mengatasi ketersediaan pangan strategis.

     Anggota TPID selain dari SKPD terkait Pemerintah Kota Banjarmasin, Instansi Vertikal, BUMN yang berperan menyediakan kebutuhan energi bagi masyarakat Kota Banjarmasin.

       Dalam sambutannya Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemerintah Kota Banjarmasin Ir. Doyo Pudjadi atas nama Pemerintah Kota Banjarmasin menyampaikan bahwa seharusnya untuk menangani inflasi jangan “disangkut-pautkan” dengan situasi politik yang ada.

        Berkaitan dengan stok ada peningkatan produksi lokal antara lain dengan pemanfaatan pekarangan, intensifikasi pada bibit 200 (2 kali panen).

       Yang menjadi perhatian adalah Masa Distribusi dan Iptek. Masa distribusi terkait Sarana, Musim dan Rantai/Pemasaran. Sedangkan Iptek menyangkut apa yang menjadi fungsi dari distribusi.

          Terkait musim, ada komponen-komponen yang menjadi kebijakan publik. Membuat langkah-langkah kebijakan publik seperti pelabuhan, gudang stok. Dalam hal ini, ada peran yang nyata dari Pemerintah supaya bisa mengendalikan laju kenaikan harga.

         “Harus ada HET (Harga Eceran Tertinggi) tentang produksi tertentu menjadi sebuah Perda menyangkut distribusi. Dan melakukan kerjasama MoU (Memorandum of Understanding) dengan pengusaha-pengusaha strategis yang terlibat distribusi langsung dengan stok”, ujar Doyo Pudjadi

       Sambutan di akhiri dengan Pembukaan secara resmi Sosialisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Perbaikan Distribusi Untuk Mengatasi Ketersediaan Pangan Strategis Dalam Rangka Menjaga Tingkat Inflasi di Kota Banjarmasin oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemerintah Kota Banjarmasin Ir. Doyo Pudjadi.

    Narasumber Sosialisasi Pemanfaatan Lahan Pekarangan dan Perbaikan Distribusi Untuk Mengatasi Ketersediaan Pangan Strategis Dalam Rangka Menjaga Tingkat Inflasi di Kota Banjarmasin :

1. Tatang Supriyatna (Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin) dengan materi “Teknis Budidaya Tanaman di Pekarangan”.
2. Gatot Haryanto (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin), dengan materi “Perbaikan Distribusi Untuk Mengatasi Ketersediaan Komoditas Pangan Strategis Dalam Rangka Menjaga Tingkat Inflasi di Kota Banjarmasin”.(tie)