Hadir pada acara ini Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Anjar Wicaksana, Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf. Wilson Napitupulu, S.I.P, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin Drs. Kasman, M.AP dan Jajarannya, Akademisi FKIP Unlam DR. Acep Supriadi, M.Pd, M.AP, Asisten, SKPD terkait, Lurah dan Kasi Kelurahan, serta Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin.

       Dalam sambutan Walikota Banjarmasin yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota BanjarmasinDrs. Hamli Kursani, M.Si menyampaikan bahwa sekarang ini bela negara mendapat perhatian khusus, apakah dalam jiwa seluruh warga negara Indonesia masih melekat kuat persatuan dan kesatuan, cinta tanah air.       Dalam konteks tersebut, kegiatan hari ini seharusnya bela negara meliputi keseluruhan warga Kota Banjarmasin. Namun ada skala prioritas, maka aparatur-aparatur terdepan di tingkat kelurahan dan aparatur sipil negara diharapkan menjadi “ujung tombak” di wilayah mereka masing-masing.

          “Yang paling penting ditanamkan dalam jiwa semua warga negara Bagimu Negeri-Jiwa Raga Kami. Agar jangan sampai kecintaan mereka terhadap tanah air menjadi luntur”, ujar Ibnu Sina.

           Sosialisasi ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, M.Si. Adapun narasumber Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin adalah DR. Acep Supriadi, M.Pd, M.AP (FKIP Unlam), Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Anjar Wicaksana, dan Dandim 1007/Banjarmasin Letkol Inf. Wilson Napitupulu, S.I.P. (tie)