Dalam sambutan Walikota Banjarmasin yang dibacakan oleh Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menyampaikan bahwa apel kesadaran nasional KORPRI dilaksanakan dengan maksud untuk memupuk dan membina kesadaran Aparatur di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin dalam mengemban tugas dan kewajiban sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

      Melalui apel kesadaran nasional KORPRI ini, diharapkan dapat membina karakter/watak, memelihara rasa persatuan dan kesatuan secara kekeluargaan guna mewujudkan kerjasama dan semangat pengabdian kepada masyarakat, serta meningktakan kemampuan, dan keteladanan ASN. Mendorong etos kerja ASN untuk mewujudkan ASN yang bermutu tinggi dan sadar akan tanggung jawabnya. Dan menumbuhkan dan meningkatkan semangat, kesadaran dan wawasan kebangsaan ASN, sehingga dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan negara RI.

      Pada kesempatan ini dilakukan penyerahan penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia atas upaya membina dan mengembangkan Kota Banjarmasin menjadi kota yang peduli Hak Asasi Manusia pada Tahun 2015 dan Penyerahan Penghargaan dari Ombudsman Republik Indonesia atas Kepatuhan Standar Pelayanan Publik dan Kompetensi Penyelenggara sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik terhadap produk pelayanan administrasi dengan Predikat Kepatuhan Tinggi kepada Pemerintah Kota Banjarmasin, yang diserahkan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina kepada Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Hamli Kursani, MSi.

      Adapun SKPD yang diobservasi oleh Ombudsman RI mendapat apresiasi (award) berupa Piagam Penghargaan Walikota kepada Pimpinan Unit Penyelenggara Pelayanan Publik yang produk layanannya mendapat Zona Hijau, yaitu :

1.      Badan Pelayanan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Banjarmasin.

2.      Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin.

3.      Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin.

4.      Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Banjaramasin.

5.      Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin.

6.      Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Banjarmasin.

7.      Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin.

8.      Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin.

9.      Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin.

10.  Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Banjarmasin.

      Serta Penyerahan Piagam Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional 2016 Kota Banjarmasin kepada : SDN Antasan Besar 7 Banjarmasin, SMPN 29 Banjarmasin dan MAN 3 Banjarmasin, yang diserahkan oleh Walikota Banjarmasin kepada masing-masing kepala sekolah.