Selain itu, dalam kegiatan yang dihadiri Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, Kajari Banjarmasin Taufik Satria Diputra, Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani, dan para kepala SKPD Lingkup Pemko Banjarmasin, Ibnu juga menyinggung tentang pengelolaan jam tayang THM pada malam pergantian tahun tersebut.

Katanya, pada malam pergantian tahun tersebut, semua THM di kota berslogan Baiman ini harus mentaati ketentuan jam tayang yang berlaku. “Jam tayang THM harus ditaati, kalau dilanggar akan ada potensi dikritisi secara serius oleh komponen masyarakat,” ucapnya.

Diharapkan, kata mantan anggota DPRD Kalsel ini lagi, di saat malam pergantian tahun nanti, situasi kota bermotto Kayuh Baimbai aman dan damai.

Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, menyatakan, untuk menghindari meningkatnya angka penyalahgunaan narkoba dan jenis kejahatan lainnya menjelang malam pergantian tahun nanti, ia menyarankan instansi terkait untuk melakukan pendataan terhadap warga pendatang baru, yang bermukin di kota Banjarmasin. “Nanti koordinasikan dengan camat dan lurah se kota Banjarmasin untuk melakukan pendataan. Ini untuk mengantisipasi meningkatnya kejahatan, baik kejahatan penyalagunaan Narkoba maupun kejahatan lain menjelang dan sesudah malam pergantian tahun,” pungkasnya.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana dalam paparannya mengatakan, pada malam pergantian tahun nanti akan ada penutupan ruas jalan utama di kota Banjarmasin.

Ruas jalan yang rencananya masuk dalam Car Free Night itu antara lain, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan lambung Mangkurat, Jalan RE Martadina, dan Jalan Piere Tendean.  “Jadi pada malam itu akan ada pengalihan arus,” katanya.

Terkait dengan jam operasi THM, perwira dengan tanda pangkat tiga melati di pundak ini kembali menjelaskan, pihaknya sudah mengkoordinasikannya dengan SKPD terkait untuk memperhatikan jam operasional THM di malam tahun baru nanti.

Sementara itu, Dandim 1007 Banjarmasin, Letkol Inf Wilson Napitupulu menjelaskan, menjelang malam pergantian tahun nanti, yang perlu diwaspadai dan diantisipasi adalah bahaya terorisme dan peredaran narkoba.(p-humas-bjm)