Kegiatan yang diikuti ASN khusus perempuan (karyawati) Pemerintah Kota Banjarmasin ini menghadirkan Ustadzah Dra. Hj. Siti Nurhasanah sebagai penceramah.

       Dalam tausiahnya Dra. Hj. Siti Nurhasanah menyampaikan bahwa dalam Islam, Allah SWT memberikan kedudukan yang khusus kepada ibu. Hal tersebut tergambar pada saat salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW bertanya kepada beliau. Jika manusia berkumpul dari raja sampai rakyat, siapakah orang yang berhak untuk dihormati. Nabi Muhammad SAW menjawab sampai tiga kali, Ibumu. Kemudian orang itu bertanya, siapa lagi. Selanjutnya Nabi Muhammad SAW menjawab Ayahmu.

        Ada tiga amal ibadah yang dicintai Allah SWT yaitu : Melaksanakan shalat lima waktu, Berbakti kepada orang tua dan Jihad fi sabilillah. Dalam Al Qur’an banyak ayat yang menjelaskan tentang keutamaan berbakti kepada orang tua, karena ibu mengandung dalam keadaan susah payah menjelang melahirkan, kemudian selama dua tahun “menyapih”.

      Rasulullah berkata, akan datang tiga golongan yang tidak bertemu denganku di akhirat nanti, yaitu : Orang yang durhaka kepada orang tuanya, Tidak mau mengamalkan syariat Islam dan Enggan bershalawat ketika mendengar namaku.

      “Melalui momentum ini ada kewajiban kita berbakti kepada orang tua, baik saat beliau masih hidup atau sudah meninggal. Kunci kebahagiaan adalah berbakti kepada Allah SWT dan Berbakti kepada orang tua melebihi kebaikan mereka kepada kita (berbakti kepada ibu tiga kali dari ayah). Dan Perbaiki perilaku saat berhadapan dengan orang tua. Seorang perempuan shalehah lebih baik dari seribu laki-laki tidak shaleh”, ujar Hj. Siti Nurhasanah.

       Pada kesempatan ini dilakukan tanya-jawab antara hadirin dengan penceramah.