Tak hanya itu, untuk lebih mendukung semua kegiatan kepariwisataan tersebut, politisi partai PKS ini juga mewacanakan untuk membuat Badan Promosi Pariwisata Kota Banjarmasin.

Tujuan dibentuknya badan tersebut, terangnya, agar semua kegiatan pariwisatan di kota berslogan Baiman ini dapat diketahui masyarakat luas. “Saya ingin di kawasan Bandara Soekarno Hatta, ada papan reklame yang mempromosikan pariwisata di Banjarmasin. Beberapa daerah di pulau ini sudah ada promosi pariwisatanya di sana, kenapa kita tidak ada, saya ingin ke depannya pariwisata kita juga ada terpampang di sana,” ucapnya.

Ibnu Sina mengakui, tidak semua kawasan wisata yang ada di kota ini siap untuk digunakan. Beberapa diantaranya ada yang harus digali dan ada juga yang harus melalui tahapan pembenahan. Satu diantaranya adalah kawasan rumah banjar yang berada di Jalan Sungai Jingah. “Kawasan Sungai Jingah banyak rumah banjarnya, jadi tinggal dibenahi saja. Kemudian akan ditetapkan sebagai destinasi wisata dengan nama Kampung Banjar,” katanya.

Selain menjadikan Kota Banjarmasin sebagai kota pariwisata, dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin itu,  Ibnu Sina juga ingin Kota Banjarmasin sebagai kota perdagangan. Untuk mendukung upaya tersebut, jelasnya lagi, saat ini, Pemko Banjarmasin sudah mengajukan setidaknya 13 buah draf usaha yang mendukung kepariwisataan.

Di tahun 2016 ini, terang politisi partai PKS ini lagi, Pemko Banjarmasin telah melakukan pembinaan terhadap 500 orang wirausaha baru. Para wirausaha baru yang kebanyakan beraktifitas sebagai pengrajin itu, katanya, telah siap diberikan bantuan permodalan untuk menujang usahanya. “Target kami hingga lima tahun ke depan, jumlah wirausahawan baru yang berhasil dibina Pemko Bajarmasin sekira 2.500 wirausahawan,” pungkasnya.

Dukungan terhadap keinginan orang nomor satu di Kota Banjarmasin itu langsung diberikan Ketua  PHRI Kalsel, Dodot Wahyudin. Menurutnya, agar pariwisata di Kota Banjarmasin bisa berhasil, semua elemen harus mendukung program Pemko Banjarmasin.

Salah satu dukungan yang dapat diberikan kalangan industriawan Banjarmasin, katanya, dengan berusaha mendatangkan orang untuk datang dan mengunjungi objek-objek pariwisata yang tersedia di kota ini. (p)