Menurut Danton Satpol PP Kota Banjarmasin, Abdusalam, kegiatan yang dilaksanakan jajarannya itu untuk menindaklanjuti instruksi Wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah, yang menghendaki wilayah kota Banjarmasin aman dan tertib mnjelang dan sesuadh tahun baru 2017. “Kegiatan ini sesuai intruksi pimpinan, dan untuk mendekteksi keamanan menjelang akhir tahun 2016,” ucapnya.

Untuk diketahui, dalam rapat dengan jajaran FKPD Kota Banjarmasin beberapa waktu lalu, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menyatakan, untuk menghindari meningkatnya angka penyalahgunaan narkoba dan jenis kejahatan lainnya menjelang malam pergantian tahun nanti, ia menyarankan instansi terkait untuk melakukan pendataan terhadap warga pendatang baru, yang datang dan bermukin di kota Banjarmasin.

Lebihlanjut Abdusalam menghimbau, seluruh masyarakat yang ingin berkunjung ke kota berjuluk seribu sungai, untuk terlebih dahulu melengkapi dirinya dengan identitas.

Dari pantauan, kegiatan yang dilaksanakan sekira pukul 17.00 hingga pukul 18.00, petugas tersebut berhasil mendapati beberapa orang warga yang masuk ke Kota Banjarmasin tidak melengkapi dirinya dengan Kartu Tanda Penduduk.

Mengingat kegiatan yang dilakukan tersebut hanya bersifat sosialisasi, maka petugas tersebut hanya memberikan teguran kepada warga yang kedapatan tidak membawa kartu tersebut. “Penumpang tadi hanya  KTP hilang, tapi dia memiliki SIM. Karena itu, ia kami tegur agar segera mengganti KTP nya yang hilang, ujar salah seorang petugas Satpol PP Kota Banjarmasin.

Sementara itu, Sekretaris Satpol PP Kota Bajarmasin Erwin Rifansyah membenarkan, anggotanya telah melakukan kegiatan pemeriksaan identitas diri bagi penumpang mobil taksi di kawasan KM 6 Bnajarmasin.

Kegiatan tersebut, terangnya, untuk menindaklanuti intruksi pimpinan yangmenghendaki menjelang tahun baru dan sesudah tahun baru nanti, situasi kota bermotto Kayuh Baimbai aman dari segala macam tindak kejahatan.(p)