Setiap OPD mempunyai kewajiban untuk melaporkan apa yang dikerjakan setiap bulan. Adapun tugas dan fungsi Bagian Pembangunan adalah melakukan pengendalian, monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

       SISMONTEP adalah Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Tim Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (TEPRA) dan E-PROGRESS SIMPUN  adalah sistem yang memuat data target dan realisasi penganggaran dan kegiatan di Kota Banjarmasin. E-PROGRESS merupakan bagian dari SIMPUN.

    Latar belakang Sosialisasi SISMONTEP dan E-PROGRESS SIMPUN Pemerintah Kota Banjarmasin adanya Surat Edaran Mendagri tentang Pengorganisasian, Koordinasi dan Pemanfaatan Sismontep, Surat Kepala Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan tentang Penunjukan Pejabat Penghubung Tim Evaluasi Percepatan Realisasi Anggaran (TEPRA) Tahun 2017 dan Surat Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin tentang Penunjukan Pejabat Penghubung Tim Evaluasi Percepatan Realisasi Anggaran (TEPRA) Tahun 2017 Kota Banjarmasin.    

    SIMPUN sama dengan SIMASDAP yang dilaksanakan Tahun 2013-2014-2015. Aplikasi SIMPUN berusaha mengangkat budaya lokal yang mengandung nilai filosopis Simpun yang berarti Beres. Hal ini dimaksudkan mulai perencanaan, pelaksanaan, monitoring evaluasi dan penilaian pekerjaan itu beres dan singkron. Dengan dibangunnya sistem ini tidak ada terjadi kegiatan-kegiatan yang muncul di tengah-tengah.

        Hadir pada kegiatan ini Kepala Bagian Pembangunan Setdako Banjarmasin Zuraida, ST (penyaji materi) dan Jajarannya, PPTK dan Pelayanan Pengadaan OPD Pemerintah Kota Banjarmasin.(Humpro-Bjm).