Dalam sambutannya, Ibnu Sina menyatakan, sebagai pemimpin di kota berjuluk seribu sungai, ia sangat senang setiap tahun Hj Shinta Nuriyah Abdurahman Wahid menyempatkan diri mengunjungi kota yang memiliki visi dan misi Baiman.

Terlebih, lanjutnya, kunjungan wanita yang akrab disapa Hj Shinta Nuriyah itu kebanyakan dilakukan saat bulan Ramadan tiba. “Mudah-mudahan acara sahur bersama ini membawa berkah bagi kita semua,” ucapnya.

Hj Shinta Nuriyah sendiri mengaku sangat senang setiap tahun bisa bersahur dan berbuka puasa bersama masyarakat Kota Banjarmasin. Apalagi, jelasnya, saat melaksanakan sahur dan berbuka puasa, sasaran masyarakat yang diajaknya hampir semuanya dari kalangan orang biasa. “Setelah sempat absen beberapa tahun, hari ini saya sangat bahagia bisa hadir kembali untuk acara sahur bersama di Kota Banjarmasin. Kalau saya sudah biasa sahur bersama masyarakat biasa, di Jakarta saya pernah sahur bersama mbok sayur, kuli bangunan dan lokasinya kalau sahur bersama mbok sayur pasti di tengah pasar,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, ia mengenal H Rosehan NB sudah belasan tahun lamanya. Karena itu, ketika berkunjung ke kota bermotto Kayuh Baimbai ini, sasaran yang ditujunya pasti sudah diketahui yakni masyarakat biasa. “Karena sudah bersama selama 12 tahun, jadi sudah 12 kali sahur bersama dan buka puasa bersama, jadi mereka (panitia penyambutan-red) tahu betul sasaran yang ditujukan untuk mengikuti kegiatan sahur atau berbuka bersama saya, seperti mbok sayur, pedangan dan para kuli bangunan,” ujarnya.

Hj Shinta Nuriyah juga menjelaskan pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Katanya, saat ini negara Indonesia sedang mengalami sebuah rongrongan. Untuk mengatasi hal tersebut, seluruh komponen masyarakat harus bersatu. “Kita harus bersatu dan tetap semangat mencintai NKRI. NKRI harga mati,” katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Daerah 19 RAPI Kalsel, H Rosehan mengaku sangat senang bisa menerima kedatangan Hj Shinta Nuriyah Abdurahman Wahid di Kota Banjamasin. Dan dalam kesempatan tersebut, Rosehan juga menjelaskan tugas para anggota RAPI Kalsel yang salah satunya adalah membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana.

Kegiatan yang dimulai dengan santap sahur bersama kemudian dilanjutkan dengan arahan Hj Shinta Nuriyah itu dihadiri Sekcam Banjarmasin Tengah dan Lurah Sungai Baru, Hidayatul Fikri.(humpro-bjm)