Ditiga kantor yang merupakan ujung tombak pelaksanaan program Pemko Banjarmasin itu, Hj Siti Wasilah, selain melakukan pembinaan adminitrasi Pokja, juga memberikan arahan dan bimbingan kepada para kadernya. “PKK itu mitra pemerintah. Program PKK itu dilaksanakan untuk mendukung pembangunan, jadi tolong amanah ini dilaksanakan dengan baik,” ucapnya, kepada semua kader yang jumpainya.

Tak hanya itu, istri Walikota Banjarmasin Ibnu Sina ini juga mengingatkan para kadernya agar selalu menjalankan setiap tugas dan fungsinya terutama yang berkenaan dengan Pokja dengan baik.

Satu hal yang selalu ditekannya dalam setiap pertemuannya dengan para Kader PKK yakni agar PKK ikut membantu menyadarkan kaum perempuan agar bersedia melaksanakan tes Inspeksi Visual Asam Asetat atau biasa disebut Iva Test. Iva test, terangnya, merupakan salah satu cara untuk mendekteksi secara dini penyakit kanker serviks atau kanker mulut rahim.

Selain tentang pentingnya pemeriksaan IVA Test bagi para perempuan, Hj Siti Wasilah juga mengingatkan kadernya untuk selalu memperhatikan keluarga mereka. Hal tersebut dikatakannya mengingat, saat ini kenakalan remaja terutama masalah penyalahgunaan obat-obatan terlarang perkembangannya sangat mengkuatirkan. “Berikan arahan dan perhatian kepada anak-anak kita sehingga mereka tidak ikut-ikutan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Masalah kenakalan remaja ini mari kita cegah bersama sama,” imbaunya.

Usai menemui para kadernya, Hj Siti Wasilah bersama Hj Siti Fatimah dan Hj Aneta Olpah melanjutkan kembali kegiatannya dengan menggelar rapat bersama Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani dan para kepala OPD terkait.

Rapat yang dilaksanakan di Ruang Rapat Berintegrasi, Balai Kota Banjarmasin itu membahas tentang program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), dimana rencananya Pemko Banjarmasin dan TP PKK Kota Banjarmasin akan memilih salah satu kelurahan terbaik untuk mengikuti kegiatan penilaian P2WKSS tingkat Provinsi Kalsel pada bulan Oktober mendatang.

Sebelum mengakhiri kegiatannya hari itu, sekira pukul 16.30 wita, para anggota PKK tersebut menyempatkan diri melakukan pemantauan aktifitas para pedagang dan kebersihan lingkungan yang menjadi lokasi pasar wadai Ramadan.(humpro-bjm)