Dengan tema Bergerak Sinergikan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Mewujudkan Banua Sehat, penandatanganan yang dirangkai dengan Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi kalseltahun 2017 itu, dilaksanakan di Hotel Rattan Inn Banjarmasin, Rabu (13/06). “Indeks Pertumbuhan Manusia Tertinggi di Kalsel ada di Kota Banjarmasin, setelah kota Banjarbaru.  Walaupun Kota Banjarmasin kota tua, tapi semua warganya tetap berkomitmen menjadikannya sebagai kota sehat, seperti adanya kawasan tanpa rokok, ” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya.

Orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini juga mengatakan, di Kota Banjarmasin kini terdapat  26Puskesmas yang sudah melakukan upaya promotif, dan telah menjalin kerjasama dengan warga disekitar, sertaberkomitmen mewujudkan  Kota Banjarmasin yang bersih, sehat, Banjarmasin Baiman, Banjarmasin Barasih Wan Nyaman.

Untuk diketahui,  tujuan dilaksanakannya Rapat Kerja Kesehatan tersebut untuk mensinergikan kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, demi mewujudkan Kalimantan Selatan yang sehat.

Germas adalah suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa, dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Rapat kerja yang dihadiri juga Sekjen Kementerian RI, Wakil Gubernur Provinsi Kalsel H Rudy Resnawan, seluruh kepala dinas kesehatan, kepala Puskesmas, kepala rumah sakit, itu dirangkai dengan dialog interaktif langsung dengan Menkes RI.(humpro-bjm)