Lebih membanggakan lagi, ucap orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini, di Indonesia hanya ada empat nama daerah yang menjadi nama lambung kapal angkatan bersenjata Republik Indonesia, satu diantaranya adalah Kota Banjarmasin. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Banjarmasin saya ucapkan selamat datang KRI Banjarmasin di kota seribu sungai,” katanya, saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan cooktail party di KRI Banjarmasin, Selasa (05/07).

Mantan anggota DPRD Kalsel tiga periode ini juga mendoakan, agar KRI Banjarmasin dan seluruh anggota TNI AL yang bertugas di dalamnya selalu sukses dan diberikan keselamatan dalam menjalan tugas-tugas yang diberikan negara. “Dan mudah-mudahan kemanapun ditugaskan, dipunggung kapal ini tetap tertulis nama Kota Banjarmasin,” ucapnya.

Cooktail Party, merupakan sebuah acara penghormatan diberikan seluruh anggota TNL AL yang bertugas di KRI Banjarmasin saat menyambut tamu-tamunya. Dalam acara tersebut, selain ramah tamah dan makan malam bersama di atas geladak kapal, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Komandan KRI Banjarmasin Letkol Stanley L juga berkesempatan saling bertukar cendera mata.

Ibnu Sina memberikan cendera mata berupa sebuah plakat, kain sasirang dan sebuah maskot boneka bakatan. Sedangkan Letkol Stanley L memberikan cendera mata sebuah plakat dan sebuah topi perwira.

Tampak hadir dalam acara tersebut istri Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Hj Siti Wasilah beserta jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin dan para pejabat lingkup Pemprov Kalsel.

Menurut Letkol Stanley L, menjadi komandan di KRI Banjarmasin merupakan sebuah kehormatan yang diberikan negara kepada dirinya. Terlebih lagi, katanya, KRI Banjarmasin kini berlabuh di Kota Banjarmasin dan disambut langsung oleh Walikota Banjarmasin bersama jajaran Fokopimda Kota Banjarmasin. “Merupakan sebuah kehormatan bagi saya dan awak kapal bisa datang ke Kota Banjarmasin yang namanya sama dengan nama lambung kapal ini,” ujarnya.

Dari informasi terhimpun, KRI Banjarmasin datang ke Provinsi Kalsel tepatnya ke Kota Banjarmasin, selain untuk berkunjung juga akan melakukan kegiatan sosial bersama masyarakat.

KRI Banjarmasin berada di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sejak hari Senin (03/07. Rencananya, kapal yang mampu mengangkut 22 tank dan tiga helikopter itu akan berada di Kota Banjarmasin hingga hari Rabu (06/07).

Selama sandar di dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, KRI Banjarmasin bisa dikunjugi masyarakat umum yang ingin melihat dan mengetahui seluk beluk kapal tersebut.(humpro-bjm)