Salah satu pimpinan daerah di Kalsel yang menghadiri acara tersebut adalah Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. Orang nomor satu di Kota Banjarmasin ini pun tak lupa mengucapkan Selamat HUT Bhayangkara ke 71 kepada jajaran Polda Kalsel.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang dalam upacara bertemakan “Dengan Semangat Profesionalitas dan Modernisasi Polri Berkomitmen Untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat Demi Tetap Tegaknya Negara Kesatuan Reublik Indonesia yang Sejahtera, Mandiri, dan Berkeadilan” menyampaikan instruksi Presiden RI Joko Widodo menyatakan,  agar seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia terus meningkatkan kinerjanya.

Instruksi lain Presiden RI Joko Widodo yang dibacakan orang nomor satu di Bumi Lambung Mangkurat itu antara lain, perbaiki manajemen internal Polri untuk menekan budaya negatif seperti, korupsi, penggunaan kekerasan yang berlebihan, dan arogansi kewenangan. Kemudian mantapkan solidaritas internal dan profesional Polri guna mendukung Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Selanjutnya, optimalkan modernisasi Polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik. “Keempat tingkatkan kesiapsiagaan operasional melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi, dengan strategi polisional proaktif. Lalu tingkatkan kerjasama, koordinasi dan komunikasi, dengan semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat, serta kolega internasional sebagai implementasi pendekatan sinergi kepolisian guna mewujudkan situasi Kamtibnas yang kondusif,” ujarnya, Senin (10/07).

Dalam upacara tersebut, juga diisi dengan beberapa gelaran atraksi dari anggota kepolisian Polda Kalsel, dan yang paling menarik saat Tim Anti Teror Polda Kalsel mensimulasikan penanganan aksi teroris yang berakhir dengan tertangkapnya para peneror tersebut.(humpro-bjm)