Untuk itu, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini berpesan agar seluruh lapisan masyarakat di Kota Banjarmasin berperan aktif menanggulangi peredaran Narkoba dan sejenisnya. “Kami dari jajaran Pemko Banjarmasin sudah melaunnching lima Kampung KB, Kampung Baiman di lima kecamatan di kota ini. Kampung Baiman itu kampung aman, kampung ramah anak dan kampung peduli terhadap kaum perempuan,” ucapnya.

Lebih lanjut mantan anggota DPRD Kalsel ini kembali berpesan, seluruh komponen masyarakat bersatu menyadarkan generasi muda tentang bahaya Narkoba. Pesan ketiga yang diucapkannya dihadapan jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin adalah ingin seluruh generasi muda di kota ini bisa hidup sehat. “Saya ingin generasi muda di kota ini senang berolahraga dan kreatif, sehingga terhindar dari bahaya penggunaan Narkoba. Banjarmasin kini sudah menyiapkan 3 lapangan sepak bola, dan tahun ini lapangan sepak bola yang siap digunakan itu berada di kawasan Kecamatan Banjarmasin Utara,” terangnya.

Pesan lain yang disampaikan Ibnu Sina dalam kesempatan tersebut agar pemuda berprestasi diberikan penghargaan. “Banjarmasin akan mendapatkan bonus demografi. Untuk itu mari kita wujudkan Banjarmasin Baiman tanpa Narkoba,” ajaknya.

Untuk diketahui, bonus demografi adalah jumlah usia angkatan kerja (15-64 tahun) mencapai sekitar 70 persen, sedang 30 persen penduduk yang tidak produktif (usia 14 tahun ke bawah dan usia di atas 65 tahun).

Kegiatan yang dihadiri Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah serta jajaran kepala SKPD Kota Banjarmasin itu, Ibnu Sina juga berharap, para aparat yang berwenang dapat membantu jajaran Pemko Banjarmasin dan BNNK Banjarmasin memberantas Narkoba dan sejenisnya.

Sementara itu, Kepala BNNK Kota Banjarmasin, AKBP Ilyas dalam kesempatan tersebut menyatakan apresiasinya atas dukungan Pemko Banjarmasin terhadap penanggulangan peredaran Narkoba di kota ini.

Dijelaskannya, kegiatan peringatan HANI dilakukan BNNK Banjarmasin dalam beberapa tahapan sampai ke acara puncaknya yang dilaksanakan hari ini.

Dari pantauan, rangkaian acara puncak peringatan HANI tahun 2017 ditandai dengan menyerahkan penghargaan kepada masyarakat yang telah berpartisipasi melaksanakan program BNNK Banjarmasin, dan penadatangan MoU antara TP PKK Kota Banjarmasin dengan BNNK Banjarmasin.(humpro-bjm)