Kegiatan ini diawali dengan upacara peringatan hari jadi Kota Surabaya, bertempat dihalaman Kantor Pemerintah Kota Surabaya. Tri Rismaharini, Walikota Surabaya bertindak sebagai pembina Upacara. Upacara yang berlangsung selama 2 jam ini dihadiri oleh 17 kepala daerah atau yang mewakili. Para forkompinda kota Surabaya, Para Kepala SKPD dan para Pegawai Kota Surabaya, para Veteran serta para siswa SD, SMP dan SMA.

Pada upacara ini juga diberikan penghargaan kepada beberapa warga kota surabaya yang berprestasi serta pemberian rumah kepada beberapa veteran.

 

Bertempat di balaikota Pemerintah Kota Surabaya, Walikota Surabaya beserta 17 kepala daerah lainnya melaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama, 31 Mei 2016.

 

17 kota/kabupaten yang melaksanakn penadatangan tersebut antara lain, Medan, Pekan baru, Solok, Bengkulu, Bogor, Rembang Mojokerto, Samarinda, Singkawang, Lamandau, Lombok Utara, Sumba Timur, Ngada, Pulau Morotai, Tual, Jayapura Dan Banjarmasin.

 

Nota Kesepakatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pemerintahan, pembangunan, perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat di Kota Surabaya dan Kota Banjarmasin.