Agar seluruh rangkaian acara berjalan sesuai dengan yang diharapkan, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Hamli Kursani menghimbau, agar seluruh lapisan masyarakat dan para komunitas yang ingin bergabung dalam tim penjemputan, untuk bisa menunggu dititik kumpul di Jalan A Yani Km 6 Banjarmasin (di Depan Komplek Bun Yamin). “Rombongan Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah akan bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta sekira pukul 05.45 WIB dan diperkirakan akan sampai di Bandara Internasional Syamsudin Noor sekira pukul 08.35 Wita. Rombongan ini akan dijemput oleh tim kecil di Bandara Syamsudin Noor, selanjut langsung menuju titik kumpul di Km 6 Banjarmasin. Jadi saya minta seluruh komunitas yang ingin bergabung dalam rombongan penjemputan, bisa menunggu di Km 6 Banjarmasin depan Komplek Bun Yamin Banjarmasin,” ujar Hamli Kursani, Rabu (02/08).

Sesampainya dititik kumpul di Km 6, lanjut Hamli, konvoi akan berangkat menuju Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin dan berhenti di depan Kantor Direktorat Jenderal Pajak. “Nah, dari sana rombongan turun dari kendaraan mereka kemudian berjalan kaki menuju Siring Balai Kota Banjarmasin dengan diiringi drum band. Sesampainya di Siring Balai Kota akan dilaksanakan acara seremonial,” ucapnya.

Sekira pukul 10.00 Wita, terangnya lagi, pawai keliling dengan membawa piala Adipura dan dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah dan diikuti seluruh masyarakat, komunitas serta para pejabat lingkup Pemko Banjarmasin.

Sementara itu, pagi tadi, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menghadiri penyerahan penghargaan Kalpataru, Adipura Kencana, Adipura, Nirwasita Tantra dan Penghargaan dari Presiden RI kepada 24 sekolah perwakilan.

Untuk penghargaan Kalpataru diberikan kepada 10 warga yang dinobatkan sebagai perintis, pengabdi, penyelamat serta pembina lingkungan, dan penyerahannya dilakukan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Penghargaan Adipura Kencana yang diberikan kepada 4 kota dan dua kabupaten, serta piala Adipura yang diberikan kepada 11 Kabupaten dan satu kota, diserahkan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Munadjir Effendy.  

Sedangkan penghargaan Nirwasita Tantra yang diberikan kepada 3 Gubernur, 3 Walikota dan 3 Bupati diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah yang didampingi Kepala Kominfotik Kota Banjarmasin Hermansyah mengucap selamat kepada penerima penghargaan tersebut. “Selamat kepada Gubernur, Walikota dan Bupati yang telah menerima penghargaan dari ibu Menteri LHK dan bapak Menterik Pendidikan dan Kebudayaan,” ucapnya.

Sekedar mengingatkan, berdasarkan hasil rapat jajaran Pemko Banjarmasin pada hari Senin (31/07). Sesampainya di Siring Balai Kota, akan dilaksanakan acara penyerahan piala Adipura dari Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah kepada Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, selanjutnya diserahkan kembali kepada tokoh masyarakat Kota Banjarmasin Pangeran H Gusti Rusdi Effendi, dan dilanjutkan lagi dengan penyerahan kepada petugas kebersihan Kota Banjarmasin.
Untuk arak-arakan piala Adipura akan dilakukan melalui jalur sungai dan jalur darat dan akan melintasi lima kecamatan yang ada di Kota Banjarmasin.
Berdasarkan surat dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, nomor UN.72 / PSL83/PS/PL6.0/7/2017, tanggal 25 Juli, Pemko Banjarmasin diminta berhadir untuk menerima penghargaan piala Adipura yang rencananya akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo. Penghargaan itu, akan diserahkan di Auditorium Manggala Wanabakti, di Jakarta Pusat, pada hari Rabu malam (02/08). (humpro-bjm)