Serangkaian acarapun langsung dimulai, dari menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, hingga berdoa bersama untuk mensyukuri  nikmat yang diberikan  oleh Allah SWT.

Selanjutnya, arak-arakan melalui jalur darat dan sungaipun dimulai dengan mengelilingi lima kecamatan di Kota Banjarmasin dimulai.

Kepada masyarakat Kota Banjarmasin, Hermansyah menyatakan, sangat bersyukur Kota Banjarmasin telah berhasil menerima Piala Adipura tiga kali berturut-turut sejak tahun 2015. “Kita bersyukur dengan mengucapkan “Alhamdulillah” raihan Adipura pada tahun 2017 merupakan raihan yang ketiga kalinya. Sebelumnya pada tahun 2015 dan tahun 2016 kota Banjarmasin juga meraih Piala Adipura Kategori Kota Besar, danini merupakan momentum kita bersama-sama dalam membangun partisipasi aktif masyarakat dan seluruh elemen masyarakat Kota Banjarmasin dalam pengelolaan lingkungan,” ucapnya, Kamis (03/08).

Selain mengucapkan syukur, mantan anggota DPRD Kalsel ini juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat kota seribu sungai yang telah berperan aktif dan mendukung pengelolaan lingkungan,” Ini merupakan kado istimewa bagi Kota Banjarmasin yang bersiap menyambut harijadi Kota Banjarmasin ke 491 tahun. kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada seluruh warga masyarakat kota Banjarmasin, petugas kebersihan pasukan kuning, para camat, para lurah, para ketua RT/RW seluruh kota Banjarmasin, komunitas pecinta lingkungan, serta SKPD di lingkup Pemko Banjarmasin, atas partisipasi aktif dan dukungannya dalam pengelolaan lingkungan,” katanya.,

Diharapkan, lanjutnya lagi, dengan capaian keberhasilan ini ke depannya masyarakat kota berslogan Baiman dapat lebih bersemangat dalam penataan, pengelolaan lingkungan di wilayah Kota Banjarmasin. “Jadi tidak hanya dilakukan pada saat menghadapi penilaian Adipura saja, tetapi saya harapkan juga bisa menjadi program bersama dengan Pemerintah Kota Banjarmasin, sehingga tercipta lingkungan yang bersih, hijau dan teduh untuk menuju Banjarmasin Barasih wan Nyaman (Baiman),” harapnya.

Hermansyah, menerima Piala Adipura dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya di Malam Penganugerahan Piala Adipura untuk kategori Kota Besar yang dilaksanakan di Auditorium Manggala Wanabhakti, Jakarta, Rabu (02/08).

Sementera itu, saat peringatan Puncak Hari Lingkungan Hidup, Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutannya meminta seluruh daerah di Indonesia untuk melakukan koreksi besar terhadap pengelolaan hutan. “Jangan mikir rutinitas saja, jangan berpikir linier, jangan berpikir monoton terhadap pengelolaan hutan kita saat ini. Saat ini ada Rakernas, ini kesempatan untuk merumuskan pengelolaan huta dan lahan gambut yang lebih baik,” ujarnya.
Tak hanya itu, Jokowi juga menghendaki Indonesia bisa mencontoh negara lain yang telah berhasil mengelola lingkungan dan perekonomiannya. Dan ia meminta semua daerah untuk tidak bermain-main dalam hal pengelolaan hutan. “Banyak hal yang bisa dikerjakan dalam pengelolaan hutan. Jadi jangan main-main,” tegasnya.
Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menjelaskan, program Adipura bertujuan untuk mewujudkan kota yang bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan. Melalui program Adipura, diharapkan pemerintah daerah mampu mendorong penyelesaian berbagai isu lingkungan hidup.(humpro-bjm)