Terkait penampilan para penari yang berlaga dalam kegiatan tersebut, kembali suami Hj Siti Fatimah ini menuturkan, semua grub tari yang tampil dalam festival tersebut bagus. “Semuanya grub tari yang tampil malam ini bagus,” singkatnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, kegiatan Festival Karya Tari Daerah tahun 2017 merupakan wujud rasa cinta akan seni dan budaya yang harus dikembangkan dan dilestarikan. “Dengan kegiatan festival ini kita juga dapat menjadikannya sebagai sarana mempromosikan daerah,” ujarnya, dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Prov Kalsel H Abdul Haris Makkie, Sabtu (12/08)

Lebih lanjut dikatakanya, keragaman seni dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia khususnya Provinsi Kalsel, harus terus dipelihara dan dilestarikan serta diperkenalkan kepada seluruh generasi muda Bumi Lambung Mangkurat. “Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai wadah untuk mempererat tali silaturahmi antar para seniman dan seniman serta seniman dan masyarakat, sehingga kesenian yang dimiliki provinsi berjuluk Bumi Antasari ini tidak punah,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalsel yang juga ketua panitia kegiatan, H M Yusuf Effendi menjelaskan, maksud diselenggarakannya kegiatan festival tersebut untuk menumbuh kembangkan kesenian dan kreasi tari di Provinsi Kalsel. “Diharapkan dengan berkembangnya seni tari dan kreasi tari ini nantinya dapat menunjang kepariwisataan di provinsi ini,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan festival itu juga bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas para seniman dan meningkatkan perhatian masyarakat pada budaya dan pada pelaku budaya serta pada kesenian di Kalsel. “Sasaran yang kami harapkan dalam kegiatan ini adalah seluruh grub tari yang ada di Kalsel,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Festival Karya Tari Daerah tahun 2017 itu diikuti sekira 11 grub tari dari berbagai daerah di Kalsel. Adapun daerah yang mengirimkan utusannya untuk mengikuti kegiatan tersebut diantaranya, Kota Banjarmasin, Kabupaten Batola dan Kabupaten Tapin.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah bersama Sekda Prov Kalsel Abdul Haris Makkie serta jajaran Forkopimda Kalsel juga berkesempatan secara bersama sama memainkan alat musik gendang, tanda dimulainya festival tersebut.(humpro-bjm)