Seperti di Pusat Informasi dan Konseling Keluarga (PIKK) Benawa Bungas yang berlokasi di kawasan Jalan Batu Benawa, Banjarmasin Tengah, tim berjumlah dua orang itu, mendapat penjelasan sangat lengkap dan terperinci dari pengelola rumah binaan TP PKK Kota Bnajarmasin itu, tentang tatacara mereka membantu korban KDRT.

Selanjutnya, di rumah kreatif yang berlokasi di Jalan Kerokan Banjarmasin, lagi-lagi mereka dibuat kagum dengan beragam kreatifitas yang ditampilkan di dalam rumah tersebut. Salah satunya, pembuatan pot kembang dari handuk bekas dan pemanfaatan onderdil bekas sepeda motor untuk membuat tempat lampu hias.

Tak cukup sampai disitu, saat mereka mengunjungi Kelurahan Teluk Dalam yang merupakan satu-satunya kelurahan di Bumi Lambung Mangkurat mewakili Kalsel dalam lomba tersebut, kedua orang tim penilai dari PKK Pusat bernama Ervina Murniati dan Ida Yuliati lagi-lagi dibuat kagum dengan kesiapan aparatur kelurahan tersebut dalam memberikan penanganan terhadap korban KDRT di wilayahnya. “Atusias masyarakat di Kota Banjarmasin untuk membantu korban KDRT sangat bagus, Hal ini membawa nilai postif terhadap penilaian,” ujar Ervina, Selasa (15/08)

Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua I dan II TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah dan Hj Aneta Olpah itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor berharap, pemberdayaan keluarga di Kalsel khususnya di Kota Banjarmasin hendaknya terus dilakukan dan dikembangkan dari berbagai sisi, sehingga semua kebutuhan wanita semuanya dapat terpenuhi. “Pemprov Kalsel juga telah mengupayakan kebutuhan masyarakat, mulai dari bedah rumah sampai pemenuhan kebutuhan makanan bergizi,” ujarnya, dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie.

Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin berhasil menjadi pemenang dalam lomba Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga tingkat Provinsi.

Karenanya, kelurahan yang berlokasi di Jalan Sutoyo S, Banjarmasin tersebut, berhak mewakili Kalsel dalam lomba Pencegahan KDRT tingkat Nasional. Dan tim penilai lomba kemudian berkunjung ke kota seribu sungai untuk melihat langsung beragam kegiatan dan tata cara penanganan korban KDRT di kota ini.

Kegiatan yang dihadiri juga Sekda Kota Banjarmasin H Hamli Kursani, jajaran Kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin, Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor, dan para anggota TP PKK Provinsi Kalsel, tim penilai juga berkesempatan mengunjungi PIKK Pondok Sari di kawasan Jalan Rawasari, kantor P2TP2A dan Unit PPA di Polresta Banjarmasin.(humpro-bjm)