Selain warga berprestasi, saat itu Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah juga menyerahkan tali asih kepada para veteran pejuang.

Masyarakat berpretasi yang mendapatkan penghargaan berjumlah 270 orang.

Sedangkan para veteran yang mendapatkan tali asih sekira 54 orang. “Terima kasih kepada para pejuang, pengorbanan mereka tak ternilai harganya saat merebut kemerdekaan. Walaupun saat ini sudah banyak yangtiada, tapi kami tetap bangga dengan para pejuang yang rela berkorban jiwa raga, dan kami akan isi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya sehingga pengorbanan mereka tidak sia-sia,” katanya, saat menyampaikan sambutannya.

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Hamli Kursani mengatakan, tema yang diusung dalam peringatan 17 Agustus 2017 ini Indonesia Kerja Bersama, dan untuk memeriahkan HUT kemerdekaan dan Harijadi Kota Banjarmasin akan dilaksanakan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat. “Diharapkan akan menunmbuhkembangkan rasa memiliki Kota Banjarmasin.” ujarnya.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan memeriahkan HUT Ri dan Harijadi Kota Banjarmasin itu, lanjutnya, diantaranya lomba senam Banjar,lomba engrang, lomba balogo dan beberapa lomba lainnya. Sementara itu, sekira pukul 00.00 Wita tanggal 17 Agustus 2017, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah beserta jajaran Pemko Banjarmasin melaksanakan apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana, yang berlokasi di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.

Bertindak sebagai Irup apel kehormatan dan renungan suci tersebut Danrem 101 / Antasari, Kolonel Arm M Syafei K.

Hermansyah memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pahlawan, dan dia juga mendoakan agar para pahlawan di tempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT.

Apel tersebut juga dihadiri, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Hamli Kursani, dan jajaran Kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin.

Selain apel kehormatan dan renungan suci, beberapa waktu sebelumnya, juga dilaksanakan apel Taptu di depan Kantor Mapolda Kalsel, berupa prosesi penyalaan obor dan mengheningkan cipta yang diikuti Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani, bersama rombongan Forkopimda Kota Banjarmasin. (humpro-bjm)