Angka 17,17,17 yang disebutkan itu maksudnya, pukul 17.00 wita, tanggal 17, tahun 2017. Dengan tujuan agar seluruh warga Indonesia bisa saling menyayangi antar sesama, karena hal tersebut akan melandasi munculnya toleransi, gorong royong, kebersamaan, dan sikap-sikap positif lain yang butuhkan Bangsa Indonesia saat ini.

Penurunan bendera di halaman Balai Kota Banjarmasin dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, dan dihadiri jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin, Sekda Kota Banjarmasin, dan jajaran Kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin.

Menurut Hermansyah, kegiatan doa bersama-sama itu agar negara Indonesia aman tentram, dan dengan tema Indonesia kerja bersama, diharapkan seluruh masyarakat Indonesia khususnya masyarakat kota seribu sungai bisa saling menyayangi antar sesama. “Dengan momentum ini kita diharapkan dapat melanjutkan perjuangan yang sudah dibuat oleh para pahlawan. Dulu mereka berjuang melawan penjajah , sekarang kita berjuangan melawan kemiskinan, kebodohan, dan kita tanamakan rasa nasionalisme, rasa kebersamaan kepada seluruh lapisan masyarakat kota Banjarmasin,” ajaknya.

Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua I dan II TP PKK Kota Bnajarmasin Hj Siti Fatimah dan Hj Aneta Olpah itu, Hermansyah juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Bumi Kayuh Baimbai yang telah mendukung seluruh rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke 72 RI tahun 2017. “Semua rangkaian acara hari ini berjalan lancar, sukses dan kita ucapkan terima kasih serta dan syukur kepada Allah SWT, karena pengibaran dan penurunan berjalan lancar,” ucapnya.

Rangkaian lain yang ditampilkan dalam kegiatan sore itu, diantaranya, atraksi dari Kwartir Cabang Pramuka Kota Banjarmasin, dan Parade Marching Band serta paduan suara dari para siswa-dan siswi SMP di Kota Banjarmasin.(humpro-bjm)