Menurut Wakil Ketua Urusan Andalan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Banjarmasin, M Bambang Budiyanto, melalui kegiatan berbagai lomba tersebut, diharapkan para generasi muda yang tergabung dalam Gerakan Pramuka di kota seribu sungai, dapat melestarikan budaya Banjar. “Di Kota Banjarmasin banyak anak-anak berbakat yang bisa ikut serta melestarikan budaya daerah Banjar. Dengan adanya gelaran kegiatan berbagai lomba ini, diharapkan budaya Banjar terus bisa dilestarikan dan dikembangkan menjadi sebuah kebudayaan yang dicintai semua lapisan masyarakat,” ujarnya, Minggu (27/08).

Selain itu, lanjut Bambang, dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan juga dapat menumbuhkan karakter para pramuka, sehingga rasa cinta kepada tanah air semakin kuat. “Kegiatan ini sangat positif. Dan yang terpenting, dengan adanya berbagai lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan pendidikan berbasis karakter yang dapat mencintai NKRI,” ujarnya,

Kegiatan lomba yang dilaksanakan sejak hari Jumat (25/08) itu, terangnya lagi, dimaksudkan juga agar para Pramuka di Kota Banjarmasin bisa menampilkan kebolehannya setelah berlatih di sekolah mereka masing-masing. “Jadi kegiatan lomba ini kita laksanakan selama tiga hari tepatnya sejak hari Jumat. Tujuan dari lomba ini juga dimaksudkan untuk mencari bibit-bibit potensial yangdapat mengembangkan kesenian di daerah ini,” pungkasnya.

Dari informasi terhimpun, pembagian hadiah bagi para Kwartir Ranting yang dinyatakan menang, akan dilakukan pada Bulan September nanti dan akan diserahkan langsung oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.

Hadiah yang diberikan berupa tropy dan piagam penghargaan untuk kwartir dan para anggota Pramuka terbaik.(humpro-bjm)